5 Pasukan Elite Rusia yang Disegani, Salah Satunya Dijuluki Prajurit Kelelawar

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 14:11 WIB
loading...
5 Pasukan Elite Rusia yang Disegani, Salah Satunya Dijuluki Prajurit Kelelawar
Pasukan khusus Rusia bertugas di medan perang Ukraina. Foto/TASS
A A A
MOSKOW - Pasukan elite Rusia yang telah musnah akibat perang dengan Ukraina sempat jadi berita hangat. Kabar tersebut diedarkan oleh media-media barat yang mendukung Kyiv dalam perang yang telah berlangsung selama lebih dari satu tahun itu.

Perang di Ukraina telah memusnahkan pasukan elite Rusia, dan Moskow membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk membangunnya kembali, menurut penilaian rahasia AS yang diperoleh The Washington Post.

Meski begitu, informasi tersebut masih belum dapat dipastikan kebenarannya. Dikutip dari New York Post, temuan itu merupakan salah satu dari banyaknya informasi rahasia yang bocor secara online.

5 Pasukan Elite Rusia yang Disegani

Berita yang menyebar lantas membuat banyak orang penasaran akan pasukan elite apa saja yang dimiliki Moskow. Untuk menjawab rasa penasaran itu, berikut ini ulasan tentang pasukan elite Rusia yang dilansir dari Russia Beyond.

1. GRU Spetsnaz

Pasukan elite Rusia satu ini telah berdiri sejak tahun 1950. Pasukan ini dikenal sebagai mata dan telinga Angkatan darat. Bahkan mereka acap kali mendapat julukan pasukan kelelawar karena sering beroperasi pada malam hari.

GRU Spetsnaz telah banyak menjalani berbagai misi, seperti di Angola, Beirut, Vietnam, Afghanistan, hingga Kamboja. Mereka bahkan dikatakan pernah berhasil mencuri helikopter AH-1 Cobra baru dari pangkalan Amerika.


2. FSB Spetsnaz

Satuan ini dibentuk ketika Moskow bersiap untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 1980. Karena sebelumnya sempat terjadi aksi terorisme di Olimpiade Munich 1972. FSB Spetsnaz dibentuk dengan tujuan menjalankan tugas anti-terorisme.

Operasi FSB Spetsnaz yang paling terkenal muncul ketika beraksi di Istana Tajbeg di Afghanistan dan melakukan pembunuhan Presiden Afghanistan Hafizullah Amin pada tahun 1979. Mereka juga sempat unjuk gigi di Chechnya, kelompok ini berusaha membebaskan sebuah rumah sakit di Budyonnovsk, yang disita oleh teroris.

3. Pasukan Lintas Udara Khusus

Tidak seperti pasukan yang telah disebutkan sebelumnya, pasukan satu ini biasanya beroperasi pada jarak kurang lebih 2 ribu km dari pasukan utama. Fungsi mereka adalah untuk mengintai pasukan musuh dari jarak jauh sembari mengawal pasukan utama.

Satuan ini pernah beberapa kali terjun dalam serangkaian operasi militer Rusia, salah satunya terjadi selama Perang Chechnya Pertama. Tentara ini berpartisipasi dalam penyerangan Kota Grozny.


4. Angkatan Laut Spetsnaz

Tidak hanya di darat, Armada Laut Rusia juga memiliki pasukan khususnya sendiri. Pasukan amfibi Moskow pertama kali muncul pengepungan Leningrad pada tahun 1941 untuk melindungi kota dan Armada Baltik. Kala itu mereka sempat bentrok dengan kapal torpedo dari Skuadron Kapal Serbu ke-12 Italia , yang menargetkan kapal perang Soviet.

Misi dari unit-unit tersebut adalah untuk memastikan keamanan fasilitas angkatan laut dan kapal perang. Jika terjadi perang, pasukan khusus ini akan melakukan misi sabotase di perairan musuh.

5. Special Operations Forces

Pasukan Operasi Khusus Rusia ini adalah satuan yang paling baru karena dibentuk pada tahun 2009. Struktur Special Operations Forces (SOF) berada di bawah Angkatan Darat.

Sampai saat ini, informasi tentang tugas SOF masih dirahasiakan. Namun mereka sempat diketahui ikut serta dalam operasi di Krimea (2014), Suriah, dan bentrok dengan perompak Somalia.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1039 seconds (0.1#10.140)