3 Skenario Intervensi Para Pemimpin Afrika Barat dalam Menyelesaikan Kudeta Niger

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 09:23 WIB
loading...
3 Skenario Intervensi Para Pemimpin Afrika Barat dalam Menyelesaikan Kudeta Niger
Para pemimpin negara di Afrika Barat memiliki beberapa opsi untuk mengatasi krisis kudeta di Niger. Foto/Reuters
A A A
DAKAR - Saat ultimatum tujuh hari yang diberikan oleh para pemimpin Afrika Barat yang tergabung dalam Ecowas kepada militer di Niger untuk mengembalikan Presiden Mohamed Bazoum hampir berakhir, kedua belah pihak harus membuat keputusan penting.

Minggu malam lalu, blok regional Ecowas, yang dipimpin oleh Presiden Bola Tinubu dari negara tetangga Nigeria, mengatakan junta militer Niger memiliki waktu seminggu untuk memulihkan tatanan konstitusional atau menghadapi kemungkinan penggunaan kekuatan.

Sanksi terhadap para pemimpin kudeta telah diberlakukan dan pasokan listrik dari Nigeria telah diputus, bersama dengan perbatasan, yang berarti barang tidak lagi tiba dan negara yang terkurung daratan itu kehilangan akses ke pelabuhan.

Tetapi ketika ketegangan politik, diplomatik, dan militer meningkat, apa yang bisa terjadi ketika tenggat waktu berlalu?

Berikut adalah 3 skenario yang akan dimainkan para pemimpin Afrika dalam mengatasi kudeta militer di Niger.

1. Batas waktu diperpanjang

3 Skenario Intervensi Para Pemimpin Afrika Barat dalam Menyelesaikan Kudeta Niger

Foto/Reuters

Melansir BBC, salah satu opsi adalah para pemimpin Ecowas memperpanjang tenggat waktu.

Ini berbahaya dilihat sebagai penurunan, tetapi kepala negara dapat menyelamatkan muka dengan mengatakan bahwa upaya diplomatik telah mencapai kemajuan dan mereka ingin memberi mereka lebih banyak waktu.

Masalahnya saat ini upaya mediasi Ecowas belum membuahkan hasil. Delegasi yang dikirim ke Niger pada hari Kamis kembali dalam beberapa jam dengan hasil yang tampaknya sedikit.

Sementara itu, junta meningkatkan retorikanya melawan Barat dan Ecowas. Diumumkan bahwa mereka memutuskan hubungan diplomatik dengan Nigeria, Togo, AS dan Prancis, dan membatalkan perjanjian militer dengan Prancis yang memungkinkan bekas kekuatan kolonial untuk menempatkan sekitar 1.500 tentara di sana.

Dan Presiden Bazoum, yang ditahan oleh militer, menggunakan bahasa kasar dalam sebuah artikel di Washington Post. Dia menggambarkan dirinya sebagai "sandera" dan meminta AS dan seluruh komunitas internasional untuk membantu memulihkan tatanan konstitusional.


2. Menyepakati jadwal untuk transisi

3 Skenario Intervensi Para Pemimpin Afrika Barat dalam Menyelesaikan Kudeta Niger

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)