9 Negara dan Wilayah yang Diprediksi Jadi Lokasi Perang Dunia Ketiga

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 15:50 WIB
loading...
9 Negara dan Wilayah yang Diprediksi Jadi Lokasi Perang Dunia Ketiga
Peluncuran rudal terlihat di lokasi yang dirahasiakan di Korea Utara, dalam foto tak bertanggal yang dirilis pada 10 Oktober 2022 oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) Korea Utara. Foto/KCNA/REUTERS
A A A
MOSKOW - Spekulasi mengenai Perang Dunia Ketiga selalu menjadi topik yang sensitif dan sering kali mengundang perdebatan intens.

Namun, penting untuk diingat bahwa harapan terbaik kita adalah untuk mendorong perdamaian global dan kerja sama antarnegara.

Meskipun begitu, mari kita telaah beberapa negara yang beberapa pengamat percaya memiliki potensi untuk menjadi lokasi Perang Dunia Ketiga dalam skenario terburuk, beserta alasannya.

1. Rusia


Ambisi geopolitik, persaingan dengan NATO, dan sumber daya alam yang kaya membuat Rusia potensial menjadi sumber konflik.

Ketegangan dengan negara-negara Eropa Timur dan perluasan pengaruhnya di kawasan tersebut juga bisa memicu ketegangan global.

Perang yang sekarang terjadi antara Rusia dan Ukraina dapat meluas menjadi Perang Dunia Ketiga jika tidak ditangani dengan baik.

Rusia yang memiliki senjata nuklir dan negara-negara Barat pendukung Ukraina yang juga bersenjata nuklir, dapat memicu perang nuklir yang mengerikan.

2. China


Sengketa wilayah, terutama di Laut China Selatan, serta rivalitas ekonomi dan militer dengan Amerika Serikat dapat meningkatkan risiko konflik.

Upaya China untuk mengamankan sumber daya dan pengaruh regional juga bisa berkontribusi pada ketegangan.

3. Amerika Serikat


Sebagai kekuatan militer terbesar di dunia, keterlibatan Amerika Serikat dalam konflik di berbagai belahan dunia selalu meningkatkan risiko eskalasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1079 seconds (0.1#10.140)