China Peringatkan Jepang: Jangan Dukung Ekspansi NATO ke Timur!

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 08:27 WIB
loading...
China Peringatkan Jepang: Jangan Dukung Ekspansi NATO ke Timur!
China memperingatkan Jepang agar tidak mendukung ekspansi NATO ke wilayah timur. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - China telah memperingatkan Jepang agar tidak mendukung ekspansi NATO ke wilayah timur. Peringatan itu disampaikan Duta Besar China untuk Rusia Zhang Hanhui.

Zhang mengatakan Jepang dan negara-negara lain harus belajar beberapa "pelajaran sejarah" dan tidak menjadi pendukung ekspansi NATO.

Dalam wawancara dengan TASS yang diterbitkan Kamis (3/8/2023), Zhang mengulangi peringatan berulang kali Beijing tentang bahaya membawa blok militer pimpinan Amerika Serikat (AS) itu ke wilayah timur dan Asia-Pasifik pada khususnya.



“Kami menyarankan Jepang dan courtiers lainnya untuk mempelajari pelajaran sejarah secara penuh: Mereka tidak boleh, tanpa mempertimbangkan sikap negara lain, secara sepihak merusak perdamaian dan stabilitas di kawasan, mereka tidak boleh menjadi pendukung ekspansi NATO ke wilayah Timur. Seperti yang mereka katakan: Biarkan serigala masuk ke kandang domba, dia akan menggigit setiap domba,” kata Zhang.

Awal tahun ini, NATO mempertimbangkan untuk membuka kantor penghubung di Jepang, yang akan menjadi fasilitas pertama aliansi di wilayah tersebut.

Sementara Tokyo mengindikasikan sedang mempertimbangkan gagasan tersebut, Prancis dilaporkan telah menolaknya, bersikeras bahwa NATO harus tetap terbatas di Atlantik Utara saja.

Langkah potensial tersebut telah mendorong tentangan keras dari China, di mana Beijing berjanji untuk menunjukkan "tanggapan tegas" jika blok pimpinan AS mencoba dan bergerak lebih dekat ke perbatasannya.

Kembali pada bulan Juli, China berjanji untuk menjaga kedaulatannya dan menentang ekspansi NATO ke arah timur ke Asia-Pasifik," memperingatkan bahwa setiap tindakan yang merusak hak dan kepentingan sah China akan ditanggapi dengan respons yang tegas.

Gagasan kantor penghubung NATO di Jepang tampaknya berakhir untuk saat ini, dengan beberapa laporan media menyartakan blok tersebut akan mempertimbangkan untuk membangun pijakan di Tokyo pada musim gugur ini atau bahkan nanti.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1818 seconds (0.1#10.140)