Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Bikin AS Frustrasi

Kamis, 03 Agustus 2023 - 04:17 WIB
loading...
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Bikin AS Frustrasi
Media AS melaporkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky membuat Washington frustrasi. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Media Amerika Serikat (AS), CNBC, melaporkan perilaku Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky adalah sumber gangguan di Washington. Menurut pejabat anonim kepada jaringan televisi itu, Zelensky telah membuat marah Amerika dengan mengabaikan perintah mereka dan mengeluarkan tuntutan yang semakin besar.

Zelensky mengecam kepemimpinan NATO sebelum pertemuan puncak blok itu di Lithuania bulan lalu, mengklaim bahwa belum pernah terjadi sebelumnya dan tidak masuk akal bahwa blok yang dipimpin AS tidak menawarkan batas waktu kepada Ukraina untuk menjadi anggota.

"Ledakannya tidak benar-benar beresonansi dengan baik di Washington," kata sumber anonim yang mengetahui masalah ini kepada CNBC.

"Pemerintah AS sangat kesal," imbuhnya seperti dikutip dari RT, Kamis (3/8/2023).

Insiden itu menuai kritik tajam dari Inggris yang biasanya mendukung, dan membuat Washington begitu "geram" sehingga dianggap menarik dukungannya untuk keanggotaan akhirnya Ukraina, Washington Post melaporkan.



Sumber CNBC mengatakan bahwa insiden pra-KTT adalah salah satu dari beberapa bentrokan antara Washington dan Kiev yang terjadi sejak konflik dengan Rusia dimulai tahun lalu.

“Jadi AS sangat menyarankan Ukraina untuk tidak melakukan hal-hal tertentu, tetapi Kiev tetap melakukannya, mengesampingkan atau tidak menangani kekhawatiran AS,” kata sumber itu.

“Dan (kemudian) mereka datang ke Amerika Serikat, atau Washington atau pemerintahan Biden, mengeluh karena tidak terlibat dalam pembicaraan NATO,” sambungnya.

Pertempuran untuk kota Bakhmut adalah sumber ketegangan besar antara Zelensky dan AS, kata analis militer pro-Ukraina Konrad Muzyka kepada CNBC.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1492 seconds (0.1#10.140)