7 Bahaya Radioaktif yang Disebabkan Bom Nuklir

Senin, 31 Juli 2023 - 22:15 WIB
loading...
7 Bahaya Radioaktif yang Disebabkan Bom Nuklir
Bom nuklir memiliki dampak buruk bagi manusia hingga puluhan tahun. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Partikel radioaktif dari ledakan nuklir ternyata terdapat di setiap sudut dunia. Banyak orang khawatir dengan dampak buruk bom nuklir.

Tak mengherankan banyak banyak pihak menyerukan perlucutan senjata nuklir agar dunia semakin aman. Tapi, negara adikuasa justru menjadikan bom nuklir sebagai ajang untuk unjuk kekuatan.

Namun demikian, nuklir dari bom tidak terlalu disebut tidak terlalu berbahaya dalam jangka panjang dibandingkan dengan bencana pembangkit listrik tenaga nuklir.

Berikut adalah 7 bahaya dari partikel radioaktif yang disebabkan bom nuklir.

1. Radioaktif dapat bertahan di atmosfer selama bertahun-tahun

Ledakan nuklir menciptakan kejatuhan yang berbahaya — sisa bahan radioaktif yang melayang tinggi ke udara, mendingin menjadi debu, dan akhirnya mengendap kembali ke tanah, meracuni dalam prosesnya.

"Sebagian besar dampak dari ledakan nuklir membutuhkan waktu antara satu hari hingga satu minggu untuk kembali ke tanah," kata Zaijing Sun, fisikawan nuklir di University of Nevada, Las Vegas, dilansir Insider.

Sun mengungkapkan, beberapa kejatuhan ditendang begitu tinggi ke atmosfer, sejauh 50 mil, dapat bertahan selama beberapa bulan hingga bertahun-tahun sebelum jatuh kembali ke permukaan.

Sun bekerja sebagai bagian dari kelompok penelitian Kesehatan, Lingkungan, dan Deteksi Radiasi di UNLV yang mempelajari pengelolaan limbah radioaktif, serta penerapan radiologi dan fisika nuklir untuk penggunaan medis.

2. Radioaktif ada di dasar lautan

Para peneliti telah menemukan bukti kejatuhan nuklir di jaringan otot makhluk laut yang menghuni palung laut terdalam.

Radioaktif yang mencapai stratosfer dapat menempuh jarak jauh, bergerak mengikuti pola angin dan cuaca.

"Jadi jika sebuah bom nuklir besar diledakkan di Amerika Serikat, misalnya, dampaknya dapat mencapai Rusia, Eropa, atau China — ini adalah peristiwa global," kata Sun.

Contohnya, para ilmuwan telah mendeteksi dampak radioaktif dari uji coba bom nuklir di berbagai wilayah di seluruh dunia — dari tanah di Tunisia, hingga gletser kutub, dan bahkan di bagian terdalam samudra di jaringan otot krustasea tertentu yang hidup di parit samudra.

3. Kebanyakan orang Amerika membawa jejak radioaktivitas

Selama tahun 1950-an dan 60-an, pemerintah AS menguji lebih dari 500 bom nuklir dengan meledakkannya di atmosfer.

"Radioaktif dari lokasi uji coba Nevada, antara lain, membanjiri atmosfer dengan isotop radioaktif," kata Sun.

Akibatnya, setiap orang yang tinggal di Amerika Serikat sejak 1951 telah terpapar setidaknya beberapa dampak radioaktif, demikian temuan sebuah studi dari Institut Kanker Nasional dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Para ilmuwan percaya bahwa risiko kesehatan bagi kebanyakan orang tetap kecil, namun sebuah penelitian memperkirakan bahwa kejatuhan mungkin telah menyebabkan hingga 11.000 kematian akibat kanker.

4. Makanan adalah penyebab umum paparan radioaktif

Jatuhan radioaktif yang menghujani kulit Anda adalah salah satu rute paparan, tetapi seringkali paparan terjadi dengan cara yang tidak terlalu dramatis, seperti saat jatuhan memasuki rantai makanan.

"Misalnya, karena kejatuhan dari tempat uji coba Nevada, beberapa orang di Wyoming terkena dampak strontium dalam susu," kata Sun.

Strontium mengacu pada isotop radioaktif strontium-90. Sapi perah yang memakan rumput yang terkontaminasi strontium kemudian menghasilkan susu yang dicampur dengannya yang kemudian dapat mempengaruhi manusia yang meminumnya.

Strontium-90 dapat menyebabkan masalah saluran usus. Dan karena bertindak seperti kalsium, ia menipu tulang Anda untuk menyerapnya, yang dapat menyebabkan kanker tulang, sumsum tulang, dan jaringan lunak di sekitar tulang.

5. Kalium iodida dapat membantu melindungi Anda dari kanker tiroid yang disebabkan oleh Radioaktif

Iodine-131, salah satu isotop radioaktif berbahaya dalam kejatuhan nuklir, cenderung menumpuk di kelenjar tiroid dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker tiroid, kata Sun.

Tetapi jika Anda meminum pil dari jenis yodium yang berbeda - kalium iodida (KI) - sesaat sebelum atau langsung setelah terpapar kejatuhan, Anda dapat mengurangi risiko kanker tiroid.

KI bekerja karena tiroid hanya dapat menyerap yodium dalam jumlah tertentu sekaligus. Jika tiroid Anda sudah menyerap KI, tidak akan ada banyak ruang untuk yodium-131 radioaktif.

6. Radioaktif dari bom kurang berbahaya daripada kehancuran pembangkit listrik tenaga nuklir

"Reaktor nuklir melepaskan lebih banyak radioisotop selama kehancuran daripada bom nuklir ketika meledak," kata Sun.

Misalnya, bencana Chernobyl melepaskan radiasi yang diperkirakan 10 kali lebih banyak daripada bom nuklir Hiroshima pada Perang Dunia II.

Saat ini, radiasi di Hiroshima berada pada tingkat yang sama dengan radiasi latar normal sehari-hari di seluruh dunia.

Namun di Chernobyl, beberapa unsur dengan waktu paruh lebih lama, seperti Strontium-90 dan Cesium-137, masih ada pada tingkat yang lebih tinggi.

7. Hanya sekitar 15% energi yang dilepaskan oleh bom nuklir berasal dari radiasi nuklir

Sekitar 85% energi dari ledakan nuklir berasal dari ledakan itu sendiri.

"Saya pikir dalam imajinasi populer orang sangat khawatir tentang kejatuhan, tetapi perlu diingat bahwa sebagian besar energi dari bom atom dilepaskan dengan segera," kata Sun.

Sekitar 35% dari energi itu berasal dari radiasi termal — panas — sementara sekitar 50% adalah energi ledakan eksplosif.

Hanya 15% energi senjata nuklir berasal dari radiasi nuklir — dan sebagian besar berasal dari menit pertama ledakan. Ini bukan untuk mengatakan bahwa kejatuhan radioaktif tidak berbahaya atau menakutkan, tetapi sejauh ini kerusakan terbesar adalah dari ledakannya.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1625 seconds (0.1#10.140)