10 Negara Paling Tidak Populer di Dunia, No 9 Kerap Intervensi Urusan Domestik Indonesia

Senin, 31 Juli 2023 - 21:30 WIB
loading...
10 Negara Paling Tidak Populer di Dunia, No 9 Kerap Intervensi Urusan Domestik Indonesia
Moldova merupakan salah satu negara yang tidak populer di dunia. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Tak semua negara di dunia ini terkenal dan populer. Banyak negara juga jarang jadi pembicaraan warga dunia. Bahkan, banyak orang yang tidak tahu nama negara-negara tertentu yang memang tidak populer.

Popularitas suatu negara dipengaruhi oleh pengaruh dan strategi yang dimainkan pemerintahannya. Selain itu, faktor geografis juga sangat mempengaruhi popularitas suatu negara.

Berikut adalah 10 negara yang paling tidak populer di dunia.

1. Benin

10 Negara Paling Tidak Populer di Dunia, No 9 Kerap Intervensi Urusan Domestik Indonesia

Foto/Reuters

Benin terletak di Afrika Barat. Dikenal karena iklim tropisnya dan menjadi pengekspor kapas dan minyak kelapa sawit yang besar, negara Afrika yang berbahasa Prancis ini adalah negara menarik yang mungkin belum pernah Anda dengar.

Dinamakan setelah badan air tempatnya berada, 'Bight of Benin', sejarah negara itu sulit untuk dieja.

Pada abad ke-17, itu disebut sebagai Pantai Budak, karena perdagangan massal budak Afrika ke Eropa. Itu juga merupakan koloni Perancis sampai tahun 1958.

Terlepas dari masalahnya, negara itu menjadi negara demokrasi multipartai pada 1990-an, memberikan harapan bagi masa depan rakyat Benin. Negara ini juga merupakan rumah bagi populasi singa Afrika terbesar di wilayah barat benua.


2. Moldova

10 Negara Paling Tidak Populer di Dunia, No 9 Kerap Intervensi Urusan Domestik Indonesia

Foto/Reuters

Di Eropa Timur, Moldova merupakan negara yang mempesona. Ada alasan mengapa orang belum pernah mendengar tentang negara ini: negara ini paling jarang dikunjungi di Eropa.

Moldova memiliki beberapa tempat menarik yang menarik, termasuk ibu kota Chisinau, Orheiul Vechi, benteng Soroca, dan biara Tipova.

3. Nauru

10 Negara Paling Tidak Populer di Dunia, No 9 Kerap Intervensi Urusan Domestik Indonesia

Foto/Reuters

Negara yang terletak di atas Samudra Pasifik yang luas di barat laut Australia adalah Nauru, negara pulau terkecil di dunia.

Setelah pemerintahan kolonial dan kemudian beberapa pemerintahan dari berbagai negara melalui dua perang dunia, akhirnya memperoleh kemerdekaan penuh pada tahun 1968.

Kisah Nauru juga bukan tanpa gejolak. Nauru memiliki PDB tertinggi di dunia, karena sumber fosfatnya yang sangat besar.

Namun, sekarang cadangan tersebut sebagian besar telah ditambang, negara ini mengalami masa-masa sulit. Sementara pantainya seputih mutiara dan airnya biru, sayangnya pengangguran di Nauru sangat tinggi.

4. Tuvalu

Berada di wilayah Polinesia, surga dunia adalah Tuvalu. Negara dengan PDB terkecil di dunia, jarang ada pariwisata ke tempat luar biasa ini.

Sayangnya, perubahan iklim mengancam gugusan pulau yang luar biasa ini.

Hebatnya, pulau-pulau Tuvalu hanya mencakup luas total 10 mil persegi. Pulau-pulau tersebut hanya terletak 16 kaki di atas permukaan laut, artinya keberadaan pulau-pulau tersebut tergantung pada keseimbangan.

Orang Tuvalu adalah orang yang hangat dan baik hati, dan mereka melakukan yang terbaik untuk tetap positif melewati masa-masa sulit ini.

Satu mercusuar kecil bagi negara adalah domainnya, .tv. Kabarnya, negara tersebut menghasilkan jutaan dolar setiap tahun dengan menyewakan domainnya kepada pemilik situs web dan perusahaan di seluruh dunia.


5. Palau

Sekelompok pulau yang tersembunyi di tengah luasnya Samudra Pasifik Barat, sejarah kuno Palau sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Itu terletak di utara Indonesia dan timur Filipina.

Terdiri dari 340 pulau, Palau terletak di wilayah vulkanik yang luas. Tidak seperti beberapa negara yang kurang dikenal di daftar ini, negara ini lebih ramah turis.

Di Palau, orang bisa snorkeling di Rock Islands, dan mencari lumba-lumba di Koror. Peninggalan di peninggalan Perang Dunia II di pantai Peleliu juga direkomendasikan.

Kepala suku yang menjalankan jalanan dan layanan pos mereka sendiri hanyalah dua dari banyak hal yang membuat Paulu menjadi tempat yang menarik.

6. Kiribati

10 Negara Paling Tidak Populer di Dunia, No 9 Kerap Intervensi Urusan Domestik Indonesia

Foto/Reuters

Terletak di Samudra Pasifik raksasa terletak pulau Kiribati. Dengan populasi kecil 110.000, lebih dari setengahnya hidup di terumbu karang Tarawa berbentuk cincin yang menakjubkan, Kiribati adalah negara yang benar-benar unik yang belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Karena lokasinya di peta, itu adalah satu-satunya negara di dunia yang terletak di keempat belahan bumi. Dan, zona waktunya GMT +14 berarti secara teknis negara itu paling maju dalam hal waktu. Kiribati adalah yang pertama membawa tahun baru.

Baru memperoleh kemerdekaannya dari Inggris pada tahun 1979, terumbu karangnya yang mempesona membuatnya menjadi tempat yang benar-benar indah.

Sedihnya, perubahan iklim dan naiknya permukaan air laut mengancam Kiribati, dengan beberapa ahli mengatakan pulau-pulau itu bisa tenggelam dalam waktu lima puluh tahun. Pembicaraan dilakukan dengan Fiji untuk mencoba dan merelokasi penduduk.

7. Guinea-Bissau

Di sepanjang garis pantai barat laut Afrika, orang akan menemukan Guinea-Bissau. Geografinya ditentukan oleh gurun dataran rendah dan pantai luas yang menghadap ke Atlantik.

Tetapi negara ini telah mengalami masa lalu yang berbelit-belit. Terlibat dalam perdagangan budak Portugis dan dirusak oleh perang saudara, pada tahun 1974 sebuah kudeta militer menggulingkan pemerintah, dan Guinea-Bissau adalah nama yang diberikan untuk republik baru tersebut.

Di luar ibu kota Bissau, penduduk tersebar di desa-desa kecil yang hidup dari tanah. Penduduk desa ini tinggal di gubuk melingkar yang dibuat dengan indah, dengan atap jerami yang halus.

Sementara pertanian, seperti beras, kacang-kacangan, dan kacang mete, merupakan komponen utama ekspor Guinea-Bissau, mereka juga dikenal membuat bir dan minuman ringan yang enak.

8. Djibouti

Di sisi timur Afrika, di dasar tanduk benua, negara Djibouti membara di tengah panas tropis.

Karena posisinya dan kedekatannya dengan Terusan Suez, Djibouti adalah salah satu rute pelayaran paling terkenal dan berlayar di dunia.

Mengenai topik air, negara ini juga merupakan rumah bagi Danau Assal; salah satu laut paling asin di dunia. Hamparan garam dan lahar hitam adalah fenomena geografis yang sebenarnya.

Negara ini memperoleh kemerdekaannya dari Prancis baru-baru ini, pada tahun 1977. Meskipun keindahannya luar biasa, Djibouti adalah negara miskin.

Hebatnya, lebih dari tiga perempat dari seluruh penduduknya tinggal di satu tempat: ibu kota, Kota Djibouti.

9. Vanuatu

10 Negara Paling Tidak Populer di Dunia, No 9 Kerap Intervensi Urusan Domestik Indonesia

Foto/Reuters

Berada di Samudra Pasifik Selatan di sebelah timur laut Australia, wilayah pulau vulkanik ini terdiri dari 83 pulau.

Keindahan alamnya hanya dapat disaingi oleh sedikit orang, dan tempat-tempat seperti Pantai Champagne di Espiritu Santo semarak dengan warna.

Vanuatu juga dipandang sebagai tempat kelahiran bungee jump.

Penduduk setempat di pulau Pentakosta membangun struktur kayu, setinggi hingga 30m, dan memanjat ke berbagai ketinggian dengan tanaman merambat diikatkan di pergelangan kaki mereka.

Mereka kemudian melompat dari menara, dengan tanaman merambat menghentikan mereka dari jatuh ke lantai tepat sebelum tumbukan. Sungguh luar biasa untuk ditonton dan telah didokumentasikan oleh banyak program alam dan pembuat film.

10. Cabo Verde

Dan yang terakhir, namun tidak kalah pentingnya, orang sampai di pulau vulkanik Cabo Verde, atau Tanjung Verde, di lepas pantai barat laut Afrika.

Meliputi area seluas 1.557 mil persegi, kedatangan Portugis pada abad ke-15 untuk membangun pos budak telah menyebabkan berkembangnya budaya Portugis-Afrika yang unik selama berabad-abad.

Meskipun masa lalunya bermasalah, Cabo Verde belakangan ini menjadi tujuan wisata yang sedang naik daun.

Gunung Fago berdiri kokoh di cakrawala negara. Ini adalah gunung berapi aktif, dan sebagian besar geografi pulau ini ditentukan oleh puncak gunung berapi dan dataran berbatu.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1581 seconds (0.1#10.140)