Bom Guncang Situs Syiah Suriah Jelang Peringatan Tragedi Cucu Nabi Muhammad, 6 Tewas

Jum'at, 28 Juli 2023 - 07:27 WIB
loading...
Bom Guncang Situs Syiah Suriah Jelang Peringatan Tragedi Cucu Nabi Muhammad, 6 Tewas
Ledakan bom guncang situs Syiah Suriah jelang peringatan tragedi pembunuhan cucu Nabi Muhammad SAW, Imam Hussein. Enam orang tewas. Foto/REUTERS
A A A
DAMASKUS - Ledakan bom mengguncang area sekitar situs suci Muslim Syiah menewaskan enam orang di pinggiran Damaskus, Suriah, Kamis. Ledakan ini terjadi menjelang peringatan hari Asyura, hari ketika cucu Nabi Muhammad SAW; Imam Hussein, dibunuh secara kejam.

Kementerian Dalam Negeri Suriah mengatakan ledakan bom berasal dari sebuah sepeda motor yang ditanami bahan peledak dan diledakkan di sekitar situs suci Muslim Syiah di pinggiran ibu kota.

Menteri Kesehatan Suriah Hassan al-Ghabash mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ada 26 orang lainnya yang terluka dalam ledakan di lingkungan Sayida Zeinab. Mereka dirawat di beberapa rumah sakit. Sebanyak 20 lainnya dirawat di tempat atau dipulangkan.



Pihak berwenang awalnya mengatakan bom itu disembunyikan di sebuah taksi, tetapi kemudian mengklarifikasi bahwa bahan peledak itu ada di sebuah sepeda motor yang meledak di samping taksi tersebut.

Kelompok pemantau perang pro-oposisi yang berbasis di Inggris; Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, mengatakan bahwa seorang wanita termasuk di antara mereka yang tewas.

Observatorium mengatakan ledakan itu terjadi di dekat posisi milisi Iran, sekutu utama Presiden Suriah Bashar Assad dan Rusia dalam konflik sipil Suriah yang sekarang memasuki tahun ke-13.

Foto-foto yang dibagikan oleh Al-Ikhbariya dan media pro-pemerintah menunjukkan sebuah taksi hangus dikelilingi oleh banyak orang dan pria berseragam militer. Bendera dan spanduk Asyura berwarna hijau, merah dan hitam digantung di gedung-gedung di area tersebut.

Dalam sebuah video yang dibagikan di media sosial, orang-orang membawa dua pria berlumuran darah dan debu sambil meminta bantuan. Fasad kaca toko-toko di dekatnya telah hancur dan salah satunya terbakar.

Lingkungan ini dinamai sebagai tempat suci untuk Sayida Zeinab, cucu Nabi Muhammad. Melindungi tempat suci itu menjadi seruan bagi para milisi Syiah yang mendukung Assad di tahun-tahun awal konflik.

Asyura adalah hari ke-10 bulan Muharram, yang merupakan salah satu bulan paling suci bagi Muslim Syiah. Itu menandai kesyahidan cucu Nabi Muhammad, Imam Hussein, dan 72 sahabatnya dalam pertempuran Karbala pada abad ke-7--yang sekarang menjadi wilayah Irak.

Dalam pertempuran Karbala, Imam Hussein bin Ali bin Abi Thalib, dibunuh beramai-ramai secara kejam. Asyura menandai puncak prosesi berkabung.

Ledakan itu merupakan yang kedua di lingkungan Sayida Zeinab pada hari-hari menjelang Asyura. Pada hari Selasa, media pemerintah Suriah mengutip seorang pejabat polisi mengatakan bahwa dua warga sipil terluka ketika sebuah sepeda motor yang berisi bahan peledak diledakkan.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1039 seconds (0.1#10.140)