10 Negara Paling Dibenci di Dunia, Nomor 6 Musuh Bersama Umat Islam

Selasa, 25 Juli 2023 - 11:50 WIB
loading...
A A A
China juga merupakan pencemar dan penghasil emisi gas rumah kaca COâ‚‚ terbesar di dunia dengan selisih yang sangat besar.

Pemerintah China menolak untuk memberikan kemerdekaan kepada Hong Kong, Taiwan, dan Makau dan mencampuri setiap upaya Taiwan untuk membangun kedaulatan politik dan bergabung dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

China juga telah dituduh melakukan "diplomasi perangkap utang" di mana ia meminjamkan uang kepada negara-negara berkembang yang tidak mungkin dapat mereka bayar kembali dan sebagai gantinya mendapatkan pengaruh politik yang tidak semestinya atas negara tersebut.

Hak asasi manusia secara rutin ditekan. Misalnya, kebebasan berbicara dan hak-hak pekerja ditindas, dan mereka yang ditangkap didorong melalui sistem hukum yang tidak memiliki proses hukum.

Pemerintah bisa dibilang melakukan genosida terhadap rakyat Uyghur.

3. Amerika Serikat

10 Negara Paling Dibenci di Dunia, Nomor 6 Musuh Bersama Umat Islam

Foto/Reuters

Sementara kemunculan negara ini dalam daftar "paling dibenci" mungkin mengejutkan banyak orang Amerika, hanya sedikit orang Asia atau Eropa yang akan terkejut. Seperti halnya Cina dan Rusia, penyebab utama permusuhan yang ditujukan kepada AS adalah kecenderungan negara tersebut untuk bertindak berlebihan ketika mencoba memengaruhi peristiwa internasional dengan cara yang menguntungkan AS.

AS sering mengirim pasukan ke negara lain (Vietnam, Panama, Afghanistan, Irak) dengan alasan yang sering dikritik oleh orang-orang di negara lain. AS juga diketahui memberikan bobotnya secara politis, dan apa yang tampak seperti kepemimpinan bagi AS dan sekutunya dapat terlihat seperti penindasan atau penindasan terhadap orang-orang di negara lain—terutama jika kepemimpinan tersebut melibatkan dukungan rezim yang dipertanyakan di negara-negara kaya minyak.

4. Arab Saudi

Negara kaya minyak ini diperintah oleh pemerintahan otoriter dan diktator yang kebijakannya didasarkan pada interpretasi doktrin Muslim yang ketat, keras, dan misoginis. Hak asasi manusia dan terutama hak perempuan sangat ditekan di Arab Saudi.

Hukuman mati adalah legal dan sering digunakan untuk menghukum kejahatan mulai dari pembunuhan hingga perzinahan. Polisi dan pasukan keamanan lainnya terkenal sering melecehkan dan menyiksa tersangka untuk mendapatkan pengakuan—atau hanya untuk menghilangkan oposisi, seperti dalam kasus jurnalis Jamal Khashoggi yang disiksa dan dibunuh.

Arab Saudi juga sering dituduh sebagai inkubator terorisme, menjadi tempat lahirnya kelompok-kelompok teroris termasuk ISIL, Al-Qaeda, dan Taliban. Negara ini juga sangat termiliterisasi, dan telah dituduh melakukan kejahatan perang selama aksi tahun 2015 melawan Yaman.

5. Korea Utara

Korea Utara tidak disukai sebagian besar karena penindasan pemerintahnya yang berwibawa terhadap warga negaranya sendiri dan terkadang kebijakan internasional yang sangat agresif.

Diperintah oleh diktator generasi ketiga Kim Jong-un, Korea Utara memegang kendali luar biasa atas kehidupan warganya dan mungkin memiliki catatan hak asasi manusia terburuk di dunia—namun, sulit untuk memastikannya karena negara ini juga paling mudah menyimpan rahasia di dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0949 seconds (0.1#10.140)