Rusia Ungkap 7 Syarat Gabung Lagi Kesepakatan Biji-bijian

Minggu, 23 Juli 2023 - 05:30 WIB
loading...
Rusia Ungkap 7 Syarat Gabung Lagi Kesepakatan Biji-bijian
Pabrik memanen barley di ladang, di Wilayah Odesa, Ukraina, 23 Juni 2022. Foto/REUTERS/Igor Tkachenko
A A A
MOSKOW - Rusia siap bergabung kembali dengan kesepakatan biji-bijian yang ditengahi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Turki.

Meski demikian, Rusia menyebut hanya dengan syarat negara-negara Barat dan Ukraina memenuhi kewajiban jangka panjang mereka.

Penegasan itu diungkap wakil perwakilan tetap Rusia untuk PBB pada Jumat (21/7/2023).

Berbicara pada pengarahan Dewan Keamanan PBB tentang Inisiatif Laut Hitam, Dmitry Polyansky mencatat, “Keputusan Rusia menarik diri dari pakta tersebut, yang berupaya membuka blokir ekspor pertanian, seharusnya tidak mengejutkan siapa pun mengingat tidak ada yang dilakukan untuk mengatasi keluhan Moskow.”

Diplomat tersebut menekankan, “Rusia mengakui pentingnya kesepakatan biji-bijian untuk pasokan pangan global dan siap mempertimbangkan kembali ke sana, tetapi hanya… jika semua prinsip partisipasi Rusia yang telah disepakati sebelumnya dalam kesepakatan ini sepenuhnya diambil dan… diimplementasikan tanpa pengecualian.”

Mencantumkan kondisi Rusia, Polyansky bersikeras sanksi terhadap ekspor biji-bijian dan pupuk negara itu ke pasar global harus dicabut "dalam istilah praktis daripada hanya dalam kata-kata" sementara semua hambatan bagi lembaga keuangan Rusia yang terlibat dalam sektor ini juga harus dihapus, termasuk penyambungan kembali mereka ke sistem pembayaran SWIFT.

“Rusia harus sekali lagi menikmati pasokan suku cadang dan komponen mesin pertanian tanpa gangguan,” tegas diplomat itu.



Dia menambahkan semua masalah yang berkaitan dengan pengiriman kapal dan asuransi ekspor makanan Rusia juga harus diselesaikan.

Persyaratan lain, lanjut Polyansky, adalah tidak boleh ada halangan untuk memperluas ekspor bahan pupuk Rusia, termasuk pemulihan pipa amonia Togliatti-Odessa, yang rusak parah bulan lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1264 seconds (0.1#10.140)