George Clooney Serukan Pembongkaran Wagner Group Rusia

Kamis, 20 Juli 2023 - 12:05 WIB
loading...
George Clooney Serukan Pembongkaran Wagner Group Rusia
Aktor Hollywood George Clooney. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) dan sekutunya harus mengambil kesempatan memberikan sanksi dan menuntut perusahaan militer swasta Wagner Group setelah pemberontakan yang dibatalkan pemimpinnya, Evgeny Prigozhin.

Seruan itu diungkap dua aktivis selebritas Amerika pada Senin (17/7/2023) yakni aktor George Clooney dan penulis John Prendergast yang bertugas di Dewan Keamanan Nasional di era Presiden AS Bill Clinton.

Mereka mengatakan, “Ada kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk melawan pengaruh Rusia di Afrika dengan mengejar Wagner.”

Dalam kolom yang mereka tulis untuk majalah The Economist, Clooney dan Prendergast menggambarkan perusahaan militer swasta itu sebagai salah satu "inisiatif kebijakan luar negeri paling sukses Moskow selama dekade terakhir" dan "kekejaman".

Wagner telah menawarkan layanan keamanan kepada beberapa pemerintah di Afrika. Para selebritas mengklaim grup tersebut "melindungi rezim (di Republik Afrika Tengah) dengan imbalan konsesi mineral" dan cara untuk "membajak pemerintah".

Mereka mempromosikan laporan tentang aktivitas Wagner yang dirilis NGO mereka, The Sentry, yang menuduh grup tersebut "berusaha menonaktifkan jaringan predator multinasional".



Evgeny Prigozhin memimpin pemberontakan singkat di Rusia bulan lalu, memindahkan beberapa pasukan kelompok itu dari Ukraina ke kota-kota Rusia.

Manuver dibatalkan setelah kesepakatan dicapai dengan pemerintah, yang menawarinya pembebasan dari tuntutan dengan imbalan pergi ke pengasingan secara de facto.

Clooney dan Prendergast yakin kehadiran Wagner di Afrika, yang mereka gambarkan sebagai “virus”, akan terus berlanjut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1263 seconds (0.1#10.140)