Depot Amunisi Rusia di Crimea Meledak, Ribuan Orang Dievakuasi

Rabu, 19 Juli 2023 - 20:02 WIB
loading...
Depot Amunisi Rusia di Crimea Meledak, Ribuan Orang Dievakuasi
Depot amunisi Rusia di Crimea meledak, ribuan orang dievakuasi. Foto/BBC
A A A
SEVASTOPOL - Lebih dari 2.000 penduduk dari empat pemukiman di Crimea akan dievakuasi setelah ledakan kuat mengguncang tempat latihan militer di semenanjung Laut Hitam yang dicaplok Rusia itu. Ledakan tersebut menyebabkan kebakaran dan memaksa penutupan jalan raya utama.

Kepala pemerintahan Crimea yang ditunjuk Kremlin, Sergei Aksyonov, membuat pengumuman di Telegram setelah ledakan dilaporkan terjadi di distrik Kirovske di semenanjung pada hari Rabu (19/7/2023) oleh media Ukraina dan saluran Telegram Rusia yang terhubung dengan layanan keamanan Rusia. Aksyonov tidak merinci penyebab kebakaran itu tetapi mengatakan jalan raya Tavrida akan ditutup.

Jalan raya Tavrida menghubungkan Jembatan Crimea di timur semenanjung dengan Sevastopol di selatan.

Menurut saluran Telegram berita Rusia Mash, kobaran api terjadi di depot amunisi. Dikatakan bahwa penduduk setempat dalam radius 5 kilometer dari kebakaran telah mendengar ledakan selama dua jam lebih awal pada hari Rabu.

RBC Ukraina, outlet berita Ukraina, mengatakan depot amunisi dihantam ledakan dan "ledakan berlanjut", mengutip saluran Telegram The Crimean Wind.

Serhiy Bratchuk, juru bicara administrasi militer Odesa di Ukraina, menerbitkan dua klip kebakaran, menulis: "Depot amunisi musuh. Staryi Krym," mengacu pada sebuah kota di distrik Kirovske seperti dikutip dari Newsweek.

Saluran Telegram lokal melaporkan bahwa ada banyak korban di tempat latihan militer di Staryi Krym.

Newsweek tidak dapat memverifikasi laporan tersebut secara independen dan telah menghubungi Kementerian Luar Negeri Rusia dan Ukraina melalui email untuk memberikan komentar.

Aksyonov mengatakan bahwa tidak ada korban luka yang dilaporkan, dan mengumumkan bahwa "markas operasional" telah dibentuk untuk mengatasi situasi tersebut.

"Permukiman Krinichki, Aivazovskoye, Abrikosovka dan Privetnoye akan dievakuasi sementara," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1883 seconds (0.1#10.140)