Rusia: NATO Mensponsori Terorisme Nuklir

Sabtu, 15 Juli 2023 - 11:30 WIB
loading...
Rusia: NATO Mensponsori Terorisme Nuklir
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova. Foto/sputnik
A A A
MOSKOW - Negara-negara Barat mendorong Ukraina melakukan serangan terhadap situs nuklir Rusia. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengungkapkan itu setelah kecelakaan pesawat tak berawak (drone) di kota Kurchatov, yang berdekatan dengan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Kursk.

“Negara-negara yang memasok (drone) ke Kiev, apakah mereka berencana bermukim kembali di Mars jika terjadi bencana nuklir?” tulis Zakharova di saluran Telegram pada Jumat (14/7/2023).

“Orang-orang di negara-negara NATO harus memahami pemerintah mereka mensponsori terorisme nuklir yang dilakukan oleh Kiev,” papar dia.

Pernyataan Zakharova muncul setelah satu UAV meledak dan jatuh di Kurchatov Jumat pagi, merusak satu bangunan tempat tinggal.

Kota yang dinamai sesuai nama fisikawan nuklir Igor Kurchatov didirikan pada akhir 1960-an untuk melayani pembangkit listrik terdekat.



Itu juga merupakan rumah bagi perusahaan yang memproduksi suku cadang untuk reaktor nuklir.

Wilayah perbatasan Rusia di Kursk, Bryansk, dan Belgorod sering diserang sejak Moskow meluncurkan operasi militernya di Ukraina.

Pada awal Mei, Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) mengatakan telah menangkap sekelompok agen Ukraina yang merencanakan tindakan sabotase pada pembangkit listrik tenaga nuklir di Wilayah Leningrad dan Tver.

Moskow juga menuduh pasukan Ukraina menembaki Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporozhye, yang terbesar di Eropa, yang berada dekat dengan garis depan.

Kiev, pada gilirannya, mengklaim pasukan Rusia mencurangi fasilitas itu dengan bahan peledak. Badan Energi Atom Internasional (IAEA), bagaimanapun, mengumumkan pekan ini bahwa inspekturnya tidak menemukan tanda-tanda ranjau atau bahan peledak di pabrik tersebut.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)