Israel Ungkap Akademisi Rusia Diculik Milisi Syiah di Irak

Kamis, 06 Juli 2023 - 12:45 WIB
loading...
Israel Ungkap Akademisi Rusia Diculik Milisi Syiah di Irak
Kandidat doktor Universitas Princeton Elizaveta Tsurkova diculik di Irak. Foto/Facebook/lizrael
A A A
TEL AVIV - Israel mengumumkan pada Rabu (5/7/2023) bahwa kandidat doktor Universitas Princeton Elizaveta Tsurkova telah disandera di Irak oleh milisi Syiah Kataib Hezbollah.

“Tsurkova menggunakan paspor Rusianya untuk melakukan perjalanan untuk penelitian akademik,” ungkap kantor Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu.

“Tsurkova telah hilang selama beberapa bulan tetapi masih hidup,” papar kantor Netanyahu, menambahkan Israel menganggap Irak bertanggung jawab atas nasib dan keselamatannya.

Sumber diplomatik yang berbicara kepada Jerusalem Post "dengan tegas menyangkal" bahwa wanita itu adalah agen Mossad atau perjalanannya ke Irak adalah "urusan resmi Israel".

Sumber itu mengatakan Israel melakukan "segalanya" melalui beberapa saluran diplomatik untuk memastikan pembebasannya.

“Israel lebih suka diam tentang situasi penyanderaan, tetapi memilih merilis informasi sebelum laporan berita muncul tentang masalah tersebut,” ungkap sumber itu.



Laporan yang dipermasalahkan tampaknya berasal dari The Cradle. Outlet itu melaporkan, “Tsurkova diculik dari rumah di lingkungan Karrada di Baghdad pada 26 Maret dan penculiknya mengenakan seragam dinas keamanan resmi Irak.”

Menurut sumber keamanan Irak, Tsurkova tiba di wilayah Kurdistan sebelum pindah ke Baghdad, menggunakan paspor Rusia karena warga Israel dilarang masuk ke negara itu.

Dia mungkin menggunakan dokumen yang sama untuk bepergian ke Suriah dan Lebanon juga, menurut sumber diplomatik Israel kepada Jerusalem Post.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0993 seconds (0.1#10.140)