7 Fakta Dataran Tinggi Golan pada Perang Enam Hari, Ambisi Suriah Hajar Israel tapi Malah Kalah

Rabu, 05 Juli 2023 - 13:35 WIB
loading...
7 Fakta Dataran Tinggi Golan pada Perang Enam Hari, Ambisi Suriah Hajar Israel tapi Malah Kalah
Pasukan Israel dan kendaraan militer bermanuver di pinggiran Rafah, di Jalur Gaza selatan, saat Perang Enam Hari. Foto/REUTERS/Micha Han
A A A
GOLAN - Dalam Perang Enam Hari yang terjadi pada tahun 1967 antara Israel dan negara-negara Arab, termasuk Suriah, Dataran Tinggi Golan menjadi salah satu tempat strategis yang penting.

Pada konflik ini, Suriah berupaya mempertahankan Dataran Tinggi Golan dari invasi Israel, namun akhirnya kalah dalam perang di wilayah tersebut.

Berikut ini adalah fakta-fakta terkait dengan Dataran Tinggi Golan dan kekalahan Suriah dalam Perang Enam Hari:

1. Konteks Konflik


Sebelum Perang Enam Hari, hubungan antara Israel dan Suriah telah tegang. Suriah menggunakan Dataran Tinggi Golan sebagai pangkalan untuk melancarkan serangan terhadap Israel, yang menyebabkan konflik perbatasan sering terjadi antara kedua negara.

2. Ambisi Suriah


Suriah memiliki ambisi yang kuat untuk menduduki wilayah Israel, termasuk Dataran Tinggi Golan. Suriah melihat keberhasilan ini sebagai langkah penting dalam upaya mereka untuk menghadapi Israel dan memulihkan wilayah yang mereka anggap sebagai bagian dari wilayah nasional mereka.

3. Serangan Israel


Pada 5 Juni 1967, Israel meluncurkan serangan mendadak yang melibatkan serangan udara terhadap pangkalan Suriah di Dataran Tinggi Golan.

Serangan ini dimaksudkan untuk menghancurkan kemampuan militer Suriah dan merespons ancaman yang dirasakan oleh Israel dari Suriah.

4. Kelemahan Militer Suriah


Meskipun Suriah memiliki ambisi tinggi, mereka mengalami kesulitan dalam menghadapi serangan Israel.

Kelemahan militer Suriah dalam hal persenjataan, pelatihan, dan taktik menjadi faktor utama dalam kekalahan mereka di Dataran Tinggi Golan.

5. Keunggulan Strategis Israel


Israel mampu memanfaatkan kelemahan Suriah untuk mencapai keunggulan strategis. Dataran Tinggi Golan memiliki nilai penting dalam pertahanan dan pengawasan wilayah, dan Israel berhasil merebut dan menguasainya selama perang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1460 seconds (0.1#10.140)