10 Fakta Menarik Anjing Paling Setia di Dunia yang Tetap Dikenang dan Dipuja hingga 100 tahun

Minggu, 02 Juli 2023 - 22:30 WIB
loading...
A A A
"Kalau dipikir-pikir, saya merasa dia tahu bahwa Dr Ueno tidak akan kembali, tapi dia terus menunggu. Hachiko mengajari kami nilai menjaga kepercayaan pada seseorang," tulis Takeshi Okamoto dalam sebuah artikel surat kabar pada 1982. Sebagai siswa sekolah menengah, dia telah melihat Hachiko di stasiun setiap hari.

7. Dianggap sebagai Pahlawan

10 Fakta Menarik Anjing Paling Setia di Dunia yang Tetap Dikenang dan Dipuja hingga 100 tahun

Foto/matcha-jp.com

Setiap tahun pada tanggal 8 April, upacara peringatan untuk Hachiko diadakan di luar Stasiun Shibuya. Patungnya sering dihiasi dengan syal, topi Santa, dan yang terbaru, masker bedah.

Sebuah patung perunggu dirinya berdiri di luar Stasiun Shibuya di Tokyo, tempat Hachiko menunggu dengan sia-sia selama satu dekade, sejak 1948. Patung itu pertama kali didirikan pada 1934 sebelum didaur ulang untuk upaya perang selama Perang Dunia Kedua. Anak sekolah Jepang diajari kisah Chuken Hachiko - atau anjing setia Hachiko - sebagai contoh pengabdian dan kesetiaan.

Jenazah Hachiko dikebumikan di Pemakaman Aoyama, bersama Ueno dan Yae. Patung dirinya juga dibuat di Odate, kampung halaman Ueno, Hisai, Universitas Tokyo dan Rhode Island, latar Amerika untuk film tahun 2009.

8. Tetap Dikenang hingga 100 Tahun

Kota Odate juga memiliki serangkaian acara tahun ini untuk ulang tahunnya yang ke-100.

Akankah anjing paling setia di dunia masih dirayakan seabad dari sekarang? Prof Yano mengatakan ya karena dia percaya "kepahlawanan Hachiko" tidak ditentukan oleh periode tertentu - melainkan abadi.

Tuan Sakuraba sama optimisnya. "Bahkan 100 tahun dari sekarang, cinta tanpa syarat dan setia ini tidak akan berubah, dan kisah Hachiko akan hidup selamanya."

9. Diabadikan Melalui Film dan Buku

Sebuah tagline China di poster film mengatakan semuanya: "Aku akan menunggumu, tidak peduli berapa lama."

Ini menceritakan kisah nyata Hachiko, anjing setia yang terus menunggu tuannya di sebuah stasiun kereta api di Jepang lama setelah kematiannya.

Hachiko yang berjenis Akita Inu, lahir 100 tahun yang lalu, telah diabadikan dalam segala hal mulai dari buku hingga film hingga sitkom fiksi ilmiah Futurama. Dan iterasi China - yang ketiga setelah versi Jepang pada tahun 1987, dan yang dibintangi oleh Richard Gere pada tahun 2009 - menjadi hit di box office.

Ada cerita tentang anjing pemburu setia lainnya seperti Greyfriars Bobby, tetapi tidak ada yang memiliki dampak global dari Hachiko.

10. Diasosiasikan dengan Tokyo, Tapi dari Shibuya

10 Fakta Menarik Anjing Paling Setia di Dunia yang Tetap Dikenang dan Dipuja hingga 100 tahun

Foto/matcha-jp.com

Berbeda dengan dia sebagai simbol tudung Tokyo yang paling modis, Hachiko bukanlah berasal dari Shibuya, atau bahkan Tokyo dalam hal ini. Hachiko lahir di Kota Odate di Prefektur Akita pada 10 November 1923.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)