Warga Gaza Rayakan Idul Adha Tanpa Bisa Berkurban

Rabu, 28 Juni 2023 - 05:59 WIB
loading...
Warga Gaza Rayakan Idul Adha Tanpa Bisa Berkurban
Warga Jalur Gaza rayakan Idul Adha tanpa bisa berkurban. Foto/The New Arab
A A A
GAZA - Mohammed al-Ashi, warga Jalur Gaza, Palestina tidak akan mampu membeli domba untuk Idul Adha tahun ini.

Pria berusia 59 tahun yang memiliki delapan anak ini mengungkapkan kekesalannya dengan melambungnya harga ternak di daerah kantong pantai tersebut.

Dengan populasi lebih dari 2,3 juta, banyak di antaranya sudah hidup dalam kemiskinan, kenaikan harga hewan kurban membuat Mohammed dan saudara-saudaranya tidak mungkin membeli domba dan sapi untuk merayakan Idul Adha.

"Kami hampir tidak mampu memenuhi kebutuhan, apalagi membeli daging untuk dikorbankan," keluh Mohammed dikutip dari The New Arab, Rabu (28/6/2023).

Di masa lalu, harga seekor domba tidak lebih dari USD200 hingga USD300 atau sekitar Rp2,9 juta hingga Rp4,4 juta, tetapi sekarang harganya meroket hingga lebih dari USD600 atau mencapai Rp8,9 juta. Demikian pula, biaya seekor sapi untuk kurban selama Idul Fitri telah mencapai sekitar USD2000 (Rp29,9 juta).

“Kemungkinan mayoritas masyarakat saya tidak mampu membeli ternak untuk merayakan Idul Adha,” jelas Mohammed.

Di sisi lain, pedagang mengkhawatirkan hasil dari lemahnya daya beli penduduk dan tingginya harga, yang mengancam keuntungan pada tahun ini, yang kegagalannya akan membuat pedagang mengalami kerugian finansial yang besar.

Sami Shuhaiber, seorang pemilik peternakan di Gaza, mengeluh kepada The New Arab tentang rendahnya permintaan pelanggan tahun ini.

"Harga ternak telah naik sedikit tahun ini dibandingkan tahun lalu, karena kenaikan harga pakan secara global," kata Sami kepada The New Arab sambil menekankan bahwa pedagang menanggung beban harga agar tidak mengimbangi biaya konsumen.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)