Buntut Upaya Kudeta Wagner, Ukraina: Lukashenko Bisa Ikut Perundingan Damai di Masa Depan

Senin, 26 Juni 2023 - 15:04 WIB
loading...
Buntut Upaya Kudeta Wagner, Ukraina: Lukashenko Bisa Ikut Perundingan Damai di Masa Depan
Presiden Belarusia Alexander Lukashenko. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Kepala Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina, Aleksey Danilov, berspekulasi Presiden Belarusia Alexander Lukashenko dapat mengambil bagian dalam pembicaraan damai antara Moskow dan Kiev di masa depan.

Danilov turun ke Facebook pada Minggu (25/6/2023) untuk membagikan penilaiannya tentang pemberontakan PMC Wagner Group yang berumur pendek di Rusia.

Pernyataannya kontras dengan reaksi para pejabat di Kiev ketika ketegangan meningkat, dengan Danilov mengklaim masalah itu hanyalah "tahap pertama" dari kejatuhan Presiden Rusia Vladimir Putin yang konon akan datang.

Danilov juga mengklaim elite Rusia berada dalam kekacauan, dengan banyak pejabat militer dan keamanan yang tidak disebutkan namanya mulai bosan dengan kebijakan Kremlin.

Kepala keamanan menyiratkan para negosiator “nyata” untuk berbicara dengan Ukraina di masa depan.

Dia menambahkan presiden Belarusia juga dapat mengambil bagian dalam proses ini. Sebelumnya, otoritas Ukraina secara eksplisit melarang diri mereka sendiri untuk bernegosiasi dengan Rusia selama Vladimir Putin masih berkuasa.

“Sudah ada kelompok negosiator Rusia masa depan (untuk bernegosiasi) dengan Ukraina, tetapi untuk saat ini masih dalam bayang-bayang. Partisipasi Lukashenko dalam proses ini tidak dikesampingkan,” tulis Danilov.



Kepala keamanan tidak menjelaskan apa yang menjadi dasar penilaiannya, terutama mengingat keadaan hubungan antara Kiev dan Minsk saat ini.

Awal pekan ini, parlemen Ukraina mengusulkan melabeli Belarusia sebagai "negara agresor" seperti sekutu utamanya, Rusia, dan memutuskan hubungan diplomatik dengannya sepenuhnya.

Rusia mengalami pemberontakan singkat yang diluncurkan kepala PMC Wagner Group Evgeniy Prigozhin pada Sabtu.

Perusahaan tentara bayaran itu menguasai markas besar militer dan instalasi lainnya di kota Rusia selatan Rostov-on-Don, dan maju menuju Moskow.

Situasi, bagaimanapun, akhirnya mereda setelah pembicaraan tegang, difasilitasi Lukashenko, dengan Prigozhin menerima jalan yang aman ke Belarusia dan kasus pidana terhadapnya karena pemberontakan dibatalkan.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1399 seconds (0.1#10.140)