Kapal Selam Titanic Meledak, Kanada Lakukan Investigasi

Minggu, 25 Juni 2023 - 11:52 WIB
loading...
Kapal Selam Titanic Meledak, Kanada Lakukan Investigasi
Kanada lakukan investigasi atas tragedi meledaknya kapal selam wisata Titanic. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
OTTAWA - Dewan Keselamatan Transportasi Kanada mengatakan sedang melakukan penyelidikan atas hilangnya kapal selam Titan dan telah berbicara dengan mereka yang melakukan perjalanan dengan kapal induk Titan, Polar Prince.

Perkembangan itu terjadi ketika pihak berwenang dari AS dan Kanada memulai proses penyelidikan penyebab ledakan di bawah air dan bergulat dengan pertanyaan tentang siapa yang bertanggung jawab untuk menentukan bagaimana tragedi itu terjadi.

Badan-badan maritim sedang mencari daerah di Atlantik Utara di mana kapal itu hancur, menewaskan lima orang di dalamnya. Puing-puing kapal selam mini itu terletak sekitar 3.810 meter di bawah air, beberapa ratus meter dari reruntuhan Titanic yang sedang dalam perjalanan untuk dijelajahi.

"Kami sedang melakukan penyelidikan keselamatan di Kanada mengingat ini adalah kapal berbendera Kanada yang berangkat dari pelabuhan Kanada dan terlibat dalam kejadian ini, meskipun di perairan internasional," kata Ketua Dewan Transportasi Kanada, Kathy Fox.

“Agensi lain dapat memilih untuk melakukan investigasi dan itu terserah mereka,” imbuhnya seperti dikutip dari The Age, Minggu (25/6/2023).

Polar Prince meninggalkan Newfoundland pada 16 Juni, menarik kapal selam Titan yang naas itu. Ada 41 orang di dalamnya – 17 awak dan 24 lainnya – termasuk lima orang yang tewas saat Titan meledak.

Fox mengatakan dia memahami kepentingan internasional dan bahwa pihaknya akan membagikan informasi yang mereka kumpulkan dengan lembaga lain, seperti Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS dan Penjaga Pantai AS, dalam batas hukum Kanada. Rekaman suara dan pernyataan saksi dilindungi di bawah hukum Kanada.

"Investigasi kami akan mengarah ke mana bukti membawa kami," ujarnya. “Kami tidak ingin menduplikasi upaya. Kami ingin berkolaborasi,” tegasnya.

Polisi Kanada juga mengumumkan mereka telah memulai pemeriksaan atas keadaan yang menyebabkan kematian penumpang Titan untuk memutuskan apakah diperlukan penyelidikan penuh.

"Penyelidikan penuh itu hanya akan dilakukan jika tampaknya hukum pidana, federal atau provinsi mungkin telah dilanggar," terang para pejabat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2010 seconds (0.1#10.140)