5 Orang Kepercayaan Putin dalam Melawan Kudeta Wagner dan Perang Rusia

Minggu, 25 Juni 2023 - 06:22 WIB
loading...
5 Orang Kepercayaan Putin dalam Melawan Kudeta Wagner dan Perang Rusia
Ramzan Kadyrov, pemimpin pejuang Chechya, dikenal sebagai orang kepercayaan Putin. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Kudeta yang dilakukan Yevgeny Prigozhin menunjukkan siapa orang yang dipercaya oleh Presiden Rusia Vladimir Putin. Itu menunjukkan pertikaian di antara para pemain kunci kebijakan invasi ke Rusia yang berada di lingkaran Presiden Vladimir Putin.

Konflik itu umumnya disebabkan perang pengaruh dan upaya untuk menunjukkan siapa yang paling benar serta paling berkontribusi dalam invasi tersebut. Selain itu, mereka juga saling menyalahkan karena lamanya durasi perang tersebut karena telah berlangsung sejak Februari lalu tahun lalu.

Padahal, Rusia memiliki kekuatan militer yang dulunya tangguh diperkirakan akan segera mengambil alih tetangganya yang jauh lebih kecil. Tapi perang yang seharusnya berakhir dalam beberapa minggu kini telah berlangsung selama lebih dari setahun di mana dengan Rusia menderita kerugian besar dan kekalahan medan perang yang memalukan.

Namun, pemegang keputusan tertinggi di Rusia telahlah Putin. Mantan agen KGB, Putin menjabat sebagai presiden atau perdana menteri Rusia sejak 1999. Selama ini, dia telah mengkonsolidasikan posisinya yang sangat kuat dengan menghancurkan setiap oposisi politik, membatasi media, dan memusatkan kekuasaan.

Pasukan Putin memulai perang ketika mereka menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022, dengan dalih tak berdasar bahwa tetangga Rusia itu perlu "didemiliterisasi dan de-Nazifikasi". Sementara perang habis-habisan pecah tahun lalu, konflik secara teknis dimulai pada tahun 2014 ketika Rusia mencaplok semenanjung Krimea Ukraina.



Laporan menunjukkan bahwa pemimpin Rusia itu menjadi semakin terisolasi dan hidup dalam kekosongan informasi yang dikelilingi oleh lingkaran dalam yang ketat dari orang-orang yang setia. Analis militer berspekulasi bahwa selama dia berkuasa, Putin tidak akan melepaskan tujuannya untuk mengambil alih Ukraina. Dan kecil kemungkinannya dia akan melepaskan kendali di Rusia dalam waktu dekat.

Berikut adalah 5 orang penting dalam lingkaran Putin yang berpengaruh dalam kebijakan dan strategi perang dengan ukraina dan melawan kudeta Wagner.

1. Sergei Shoigu

5 Orang Kepercayaan Putin dalam Melawan Kudeta Wagner dan Perang Rusia

Foto/Reuters

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu dikenal sebagai tangan kanan Putin dan salah satu anteknya yang paling setia.

Ada suatu masa ketika Shoigu, yang menjabat sebagai menteri pertahanan sejak 2012, merupakan figur publik populer di Rusia dan bahkan disebut-sebut sebagai calon pengganti Putin.

Dia juga dikenal karena perjalanan berburu dan memancingnya yang nyaman bersama presiden ke Siberia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)