Tak Peduli Ultimatum Putin, Kepala Wagner dan Pasukannya Tidak Akan Menyerahkan Diri

Sabtu, 24 Juni 2023 - 22:04 WIB
loading...
Tak Peduli Ultimatum Putin, Kepala Wagner dan Pasukannya Tidak Akan Menyerahkan Diri
Kepala Wanger pastikan ia dan pasukannya tidak akan menyerahkan diri. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Kepala tentara bayaran Wagner Rusia, Yevgeny Prigozhin mengatakan pada Sabtu (24/6/2023), bahwa dia dan orang-orangnya tidak akan menyerahkan diri atas perintah Presiden Vladimir Putin .

Putin sebelumnya bersumpah untuk menghancurkan apa yang disebutnya pemberontakan bersenjata setelah pasukan Prigozhin menguasai sebuah kota selatan, sebagai bagian dari upaya untuk menggulingkan kepemimpinan militer.



"Presiden membuat kesalahan besar ketika berbicara tentang pengkhianatan. Kami adalah patriot tanah air kami, kami berjuang dan berjuang untuk itu," kata Prigozhin dalam pesan audio, seperti dikutip dari Reuters.

"Tidak ada yang akan menyerahkan diri dan mengaku atas perintah presiden, FSB (dinas keamanan) atau siapa pun. Karena kami tidak ingin negara terus hidup dalam korupsi, penipuan, dan birokrasi," lanjutnya.

Dalam serangkaian pesan, Prigozhin meminta Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan kepala staf umum Valery Gerasimov datang menemuinya di Rostov. Prigozhin, mantan narapidana dan sekutu lama Putin, memimpin pasukan swasta yang terdiri dari ribuan mantan tahanan yang direkrut dari penjara Rusia.



Anak buahnya melakukan pertempuran paling berdarah dalam perang Ukraina selama 16 bulan – pertempuran yang berlarut-larut untuk kota timur Bakhmut – dan dia telah berseteru selama berbulan-bulan dengan petinggi tentara reguler, menuduh para jenderal tidak kompeten dan menahan amunisi dari para pejuangnya.

Bulan ini, dia menentang perintah untuk menandatangani kontrak yang menempatkan pasukannya di bawah komando Kementerian Pertahanan.

Cengkeraman Putin pada kekuasaan mungkin bergantung pada apakah dia dapat mengumpulkan pasukan yang cukup setia untuk memerangi tentara bayaran pada saat sebagian besar militer Rusia dikerahkan di garis depan di selatan dan timur Ukraina.



Pemberontakan juga berisiko membuat pasukan invasi Rusia di Ukraina berantakan. "Kelemahan Rusia sudah jelas. Kelemahan skala penuh," tulis Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy dalam pesan media sosial.

"Dan, semakin lama Rusia mempertahankan pasukan dan tentara bayarannya di tanah kami, semakin banyak kekacauan, rasa sakit, dan masalah yang akan terjadi di kemudian hari," lanjutnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1341 seconds (0.1#10.140)