Rusia Buat Mesin Roket Paling Powerfull di Dunia

Jum'at, 23 Juni 2023 - 21:06 WIB
loading...
Rusia Buat Mesin Roket Paling Powerfull di Dunia
Rusia buat mesin roket paling powerfull di dunia. Foto/Russia Today
A A A
MOSKOW - Energomash Research and Production Association telah berhasil menyelesaikan sampel pertama dari produksi mesin roket berbahan bakar cair RD-171MV, yang dikatakan lebih kuat daripada sistem propulsi serupa lainnya di dunia.

Perusahaan luar angkasa negara Rusia, Roscosmos, mengumumkan penyelesaian konstruksi itu pada hari Jumat (23/6/2023), mencatat bahwa roket tersebut akan digunakan untuk uji terbang pertama dari roket peluncuran Soyuz-5 yang baru.

Organisasi tersebut mengatakan bahwa tahun ini, mereka juga berencana untuk menyelesaikan perakitan RD-171MV untuk kapal induk kedua dan juga memproduksi mesin untuk kapal ketiga.



Perusahaan menambahkan bahwa Energomash juga telah berhasil memproduksi, menguji, dan men-debug dua RD-171MV tambahan yang dirancang untuk uji finishing akhir, mencatat bahwa lebih dari dua lusin uji api mesin telah dilakukan sejauh ini.

“Tahap selanjutnya dari program ini adalah uji coba antardepartemen RD-171MV dan pasokan mesin untuk rudal Soyuz-5,” kata perusahaan miklik negara Rusia itu seperti dikutip dari Russia Today.

Roscosmos mencatat bahwa RD-171MV, yang merupakan versi modifikasi dari mesin RD-171M 2001, akan menjadi dasar roket Soyuz-5 baru dan daya dorong mesin melebihi 800 ton, menjadikannya yang paling bertenaga di dunia.



Roket Soyuz-5, juga dikenal sebagai Irtysh, akan memiliki dua tahap dan diperkirakan akan diluncurkan dari stasiun luar angkasa Baikonur di Kazakhstan. Menurut Roscosmos roket tersebut akan dapat mengirimkan hingga 17 ton kargo ke luar angkasa, dan fungsi utamanya adalah mengirimkan perangkat ruang angkasa otomatis ke berbagai orbit dekat Bumi.

Sementara itu, Eropa menghadapi masalah dalam operasi luar angkasanya di tengah konflik antara Moskow dan Kiev. Sanksi yang dikenakan pada industri luar angkasa Rusia telah mencabut roket Soyuz Rusia dari perusahaan luar angkasa Eropa.

Setelah peluncuran Vega-C yang gagal pada bulan Desember, yang dilaporkan disebabkan oleh kerusakan suku cadang buatan Ukraina, perusahaan antariksa Eropa bahkan menghadapi ketersediaan kapasitas kargo yang lebih terbatas untuk peluncuran satelit komersial.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1947 seconds (0.1#10.140)