7 Tantangan Penyelamatan Kapal Selam Wisata Titanic

Kamis, 22 Juni 2023 - 09:47 WIB
loading...
7 Tantangan Penyelamatan Kapal Selam Wisata Titanic
Pencarian kapal selam wisata Titanic menghadapi banyak tantangan. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Operasi pencarian dan penyelamatan lima wisatawan dalam kapal selam wisata Titanic bernama Titan menghadapi serangkaian tantangan dan permasalahan. Padahal, kapal selam yang mengeksplorasi puing-puing kapal Titanic itu telah kehabisan oksigen.

Operasi tersebut pencarian kapal selam Titan juga membutuhkan biaya yang sangat mahal. Maklum, operasional berlangsung di laut dan menggunakan teknologi.

Apalagi, banyak sumber daya yang juga dikerahkan dalam operasi tersebut. Namun, belum ada sinyal mereka menemukan kapal selam tersebut.

Berikut adalah adalah 7 tantangan dalam operasi penyelamatan dan pencarian kapal selam wisata Titanic.

1. Waktu Adalah Perhatian Utama

7 Tantangan Penyelamatan Kapal Selam Wisata Titanic

Foto/Reuters

Pada hari Selasa (20/6/2023) pukul 17:00 GMT, para ahli memperkirakan kapal selam memiliki sekitar 40 jam sisa udara untuk bernapas, yang berarti penyelamat memiliki waktu lebih dari 20 jam untuk menemukan kapal yang hilang.

“Masalah besar sekarang adalah waktu,” kata Jonathan Holloway, pensiunan Kapten Angkatan Laut Inggris yang bertugas di kapal selam, kepada Al Jazeera.

“Kami tahu bahwa pada titik tertentu, mereka akan kehabisan oksigen. Tapi tentu saja, kehabisan oksigen bukanlah hal yang sulit.

“Saat kadar oksigen turun, Anda menjadi kurang mampu berkonsentrasi, kurang mampu bekerja, dan karenanya kurang mampu merespons orang-orang yang berada di luar kapal selam yang mencoba membantu Anda,” tambahnya.


2. Medan Bawah Laut yang Tidak Ramah

7 Tantangan Penyelamatan Kapal Selam Wisata Titanic

Foto/Reuters

Jika kapal selam itu berada di dasar laut, hampir tidak mungkin diselamatkan.

Bangkai kapal Titanic berada sekitar 24 kilometer di bawah permukaan. Kapal selam wisata itu kehilangan kontak lebih dari setengah jalan saat menyelam.

“Di bawah sana gelap gulita. Dingin sekali. Dasar lautnya berlumpur dan bergelombang. Anda tidak dapat melihat tangan Anda di depan wajah Anda,” kata Tim Maltin, seorang ahli tenggelamnya dan reruntuhan Titanic.

Mike Reiss, penumpang Titan sebelumnya, berkata: “Mereka mungkin terjebak di dasar lautan. “Mungkin ada celah, dan air masuk; Saya tidak terlalu optimis untuk kembalinya mereka, ”tambahnya.

Para ahli juga mengatakan bahwa penyelamatan sub-to-sub tidak mungkin dilakukan dari dasar laut.

Hanya ada segelintir kapal selam yang bisa mencapai kedalaman bangkai kapal Titanic. Sekalipun bisa mencapainya, kapal selam tidak memiliki kekuatan untuk menarik kapal yang hilang ke permukaan.

"Kami tahu lebih banyak tentang permukaan Bulan daripada dasar lautan karena kami belum mensurveinya," kata Jamie Pringle, ahli geosains forensik di Universitas Keele di Inggris.

3. Menemukannya di Permukaan

Para ahli mengatakan jika kapal terombang-ambing di permukaan laut, menemukan itu akan menjadi situasi tumpukan jerami.

Kapal seukuran mobil dengan panjang 6,7 meter dan lebar 2,8 meter akan semakin sulit dikenali jika sebagian terendam. Itu jauh di lautan, jadi memindahkan kapal dan peralatan ke area luas yang sedang dicari membutuhkan waktu.

4. Penyisiran Massif

Setidaknya 10.000 mil persegi atau 25.900 kilometer persegi telah disisir oleh Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS).

Kapal pemecah es penelitian Kanada Pangeran Kutub, yang mendukung Titan, sedang melakukan pencarian permukaan dengan bantuan dari pesawat pengintai Boeing P-8 Poseidon Kanada, dan militer Kanada menjatuhkan pelampung sonar untuk mendengarkan kemungkinan suara dari Titan.

"Robot bawah air juga mulai mencari di sekitar Titanic, dan ada dorongan untuk membawa peralatan penyelamat ke tempat kejadian jika kapal selam itu ditemukan," kata Jamie Frederick dari Pasukan Penjaga Pantai di Boston.

Dua pesawat Lockheed C-130 Hercules AS melakukan pemantauan udara, dan tiga C-17 dari Komando Mobilitas Udara AS juga telah digunakan untuk memindahkan kapal selam dan peralatan pendukung perusahaan komersial lain dari Buffalo, New York, ke St John's untuk membantu pencarian.

Sebuah kapal Angkatan Laut Kanada yang menyediakan tim medis yang berspesialisasi dalam pengobatan penyelaman dan ruang rekompresi hiperbarik bergerak enam orang.

“Masalah yang benar-benar kritis adalah menemukan kapal selam,” kata Holloway. “Jika di permukaan, mereka punya peluang bertarung. Kalau turun di kedalaman rongsokan, saya kira waktu cepat habis,” tambahnya.


5. Menyiapkan Skenario Terburuk

7 Tantangan Penyelamatan Kapal Selam Wisata Titanic

Foto/Reuters

“Skenario mimpi buruk yang sebenarnya adalah mereka masih hidup, di permukaan … kehabisan udara, dan tidak bisa keluar,” kata David Pogue, pakar sains dan mantan penumpang Titan.

Menurut Jannicke Mikkelsen, seorang teman pengusaha Hamish Harding dan sesama penjelajah, kurangnya daya listrik adalah salah satu tantangan utama.

“Mereka memiliki cukup oksigen untuk menjaga mereka tetap hidup dan bertahan selama 96 jam, tetapi mereka juga membutuhkan tenaga untuk tetap hidup, jadi skenario terburuknya adalah mereka memiliki oksigen, tetapi mereka tidak memiliki tenaga, dan jika tidak memiliki kekuatan mereka akan menjadi hipotermia cukup cepat, "katanya.

6. Sudah Mendapatkan Peringatan

Apakah ada peringatan sebelumnya untuk OceanGate, operator kapal selam Titan?

Bertahun-tahun sebelum kapal selam Titan hilang, perusahaan menghadapi beberapa peringatan saat mempersiapkan misinya.

David Lochridge, direktur operasi kelautan OceanGate, menulis laporan teknik pada 2018 yang mengatakan bahwa kapal yang sedang dikembangkan membutuhkan lebih banyak pengujian dan bahwa penumpang mungkin terancam bahaya ketika mencapai "kedalaman ekstrem".

OceanGate menggugat Lochridge tahun itu, menuduhnya melanggar perjanjian kerahasiaan, dan dia mengajukan gugatan balik yang menyatakan bahwa dia dipecat secara tidak sah karena mengajukan pertanyaan tentang pengujian dan keamanan. Kasus ini diselesaikan dengan persyaratan yang dirahasiakan beberapa bulan setelah diajukan.

Lebih lanjut, OceanGate mengatakan kapal itu dirancang untuk mencapai kedalaman 4 km, lokasi Titanic tenggelam.

Namun, menurut Lochridge, area pandang penumpang hanya disertifikasi untuk kedalaman hingga 1.300 meter, dan OceanGate tidak akan membayar pabrikan untuk membangun area pandang yang disertifikasi untuk 4.000 meter.

Kapal selam Titan, dioperasikan oleh Ekspedisi OceanGate untuk menjelajahi reruntuhan Titanic yang tenggelam di lepas pantai Newfoundland.

OceanGate juga menerima peringatan lain pada tahun 2018, kali ini dari Marine Technology Society, kelompok profesional insinyur kelautan, teknolog, pembuat kebijakan, dan pendidik. Surat tersebut, yang dilaporkan oleh New York Times, mengatakan anggota masyarakat khawatir bahwa "pendekatan eksperimental saat ini yang diadopsi oleh OceanGate dapat menghasilkan hasil negatif (dari kecil hingga bencana) yang akan memiliki konsekuensi serius bagi semua orang di industri ini".

7. Menjemput Maut

7 Tantangan Penyelamatan Kapal Selam Wisata Titanic

Foto/Reuters

Wisata dengan kapal selam Titan itu disebut sebagai petualangan menjemput maut karena berkaitan dengan tragedi Titanic yang mematikan dan mengerikan.

Awak kapal selam Titan kehilangan kontak dengan awak kapal penelitian Polar Prince - satu jam 45 menit setelah mulai menyelam untuk melihat bangkai kapal pada Minggu (18/6/2023).

Bangkai Titanic, kapal laut Inggris yang menabrak gunung es dan tenggelam dalam pelayaran perdananya pada April 1912, terletak sekitar 900 mil (1.450 km) timur Cape Cod, Massachusetts, dan 435 mil (700 km) selatan St John's, Newfoundland.

Titanic berada di dasar laut, sekitar 4.000 meter (13.000 kaki) di bawah permukaan laut.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)