Ukraina Tahan Gelombang Serangan Drone Rusia, Zelensky: Pasukan Moskow Dihancurkan

Rabu, 21 Juni 2023 - 08:00 WIB
loading...
Ukraina Tahan Gelombang Serangan Drone Rusia, Zelensky: Pasukan Moskow Dihancurkan
Ukraina mengklaim berhasil menahan gempuran pasukan Moskow di sejumlah sektor pertempuran. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Rusia dilaporkan menyerang sasaran militer dan infrastruktur di ibu kota Ukraina , Kiev, Selasa (20/6/2023). Selain Kiev, pasukan Moskow juga menggempur hampir seluruh bagian lain negara itu, termasuk wilayah barat yang jauh dari garis depan.

Namun, Ukraina mengklaim berhasil menahan gempuran Rusia. Presiden Volodymyr Zelensky memuji pertahanan udara Ukraina karena menjatuhkan lebih dari 30 drone. Ia juga dengan tegas mengatakan, bahwa pasukan Ukraina menghancurkan pasukan Rusia di dua teater utama konflik, timur dan selatan.



Kantor Zelensky mengatakan drone menyerang wilayah Kyiv dalam beberapa gelombang selama lebih dari empat jam. Dalam pidato video malamnya, Zelensky mengatakan, pasukan Ukraina “di selatan dan timur secara aktif menghancurkan musuh, secara fisik membersihkan Ukraina.

“Pertahanan melawan teror berarti menghancurkan teroris. Dan, itu adalah jaminan bahwa negara jahat tidak akan pernah memiliki kesempatan untuk membawa kejahatan ke Ukraina,” kata Zelensky, seperti dikutip dari Reuters.

Komandan pasukan darat dan Wakil Menteri Pertahanan Ukraina melaporkan keberhasilan dengan serangan balasan di kedua wilayah tersebut. Dikatakan pasukan Ukraina telah mencoba menyerang kota timur Donetsk yang dikuasai Rusia dan wilayah selatan Zaporizhzhia, tetapi berhasil dipukul mundur.



Juga pada hari Selasa, pasukan Ukraina menyerang kota Nova Kakhovka yang dikuasai Rusia di wilayah Kherson selatan dengan drone, menewaskan seorang wanita dan melukai empat warga sipil, kata pihak berwenang setempat yang ditunjuk Rusia.

Kiev mengklaim telah merebut kembali 113 km persegi (44 mil persegi) tanah dan delapan pemukiman dari pasukan Rusia. Tetapi serangan terbaru menunjukkan bahwa Rusia mampu berperang di luar garis depan.

Jenderal Oleksander Syrskyi, komandan pasukan darat Ukraina, mengatakan di Telegram bahwa pasukannya membuat kemajuan di sisi timur kota Bakhmut yang hancur, yang jatuh ke tangan tentara bayaran Rusia bulan lalu setelah pertempuran berbulan-bulan.



“Pasukan Ukraina memukul mundur serangan Rusia yang semakin intens di dekat Kupiansk di timur laut,” kata Syrskyi.

Wakil Menteri Pertahanan Hanna Maliar mengatakan pasukan Ukraina di selatan “secara bertahap, dalam langkah-langkah kecil, tetapi dengan sangat percaya diri, membuat kemajuan. Kita bahkan bisa menggunakan alegori bahwa kita mengukir setiap meter tanah dari musuh.”
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1926 seconds (0.1#10.140)