Hagia Sophia Jadi Tempat Salat Jumat, Yunani Berduka

Sabtu, 25 Juli 2020 - 14:30 WIB
loading...
Hagia Sophia Jadi Tempat Salat Jumat, Yunani Berduka
Jamaah Muslim menjalankan salat Jumat di Hagia Sophia, bangunan kuno yang awalnya katedral dan kini dikonversi jadi masjid, Jumat (24/7/2020). Foto/REUTERS/Umit Bektas
A A A
ATHENA - Pemerintah Yunani menyatakan berduka setelah Hagia Sophia dikonversi kembali menjadi masjid oleh pemerintah Turki . Reaksi Athena tersebut disampaikan ketika salat Jumat perdana digelar di bangunan kuno yang awalnya gereja tersebut.

Perdana Menteri (PM) Kyriakos Mitsotakis mengatakan konversi bangunan itu kembali menjadi masjid oleh Turki adalah bukti kelemahan. Menurutnya, gereja-gereja di seluruh negeri berduka pada hari Jumat.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Jumat bergabung dengan ribuan Muslim untuk melaksanakan salat Jumat di Hagia Sophia.

"Apa yang terjadi di (Istanbul) hari ini (Jumat) bukan unjuk kekuatan, tetapi bukti kelemahan," kata PM Mitsotakis dalam sebuah pernyataan. (Baca: Erdogan Gabung Ribuan Orang Salat Jumat Pertama di Hagia Sophia )

"Pembalikan itu tidak memiliki kekuatan untuk mengurangi pancaran sebuah monumen warisan global," ujarnya.

"Terutama bagi kita orang Kristen Ortodoks, Hagia Sophia hari ini ada di hati kita lebih dari sebelumnya. Di sinilah jantung kita berdetak," kata Mitsotakis.

Pada tengah hari kemarin, gereja-gereja di sekitar Yunani membunyikan lonceng dan mengibarkan bendera setengah tiang untuk memprotes apa yang kepala Gereja Yunani; Uskup Agung Ieronymos, sebut sebagai "tindakan najis yang mencemari bekas katedral Kekaisaran Bizantium".

"(Hari ini, Jumat) adalah hari berkabung untuk semua Kekristenan," kata Ieronymos," ujarnya yang dilansir AFP, Sabtu (25/7/2020).

Uskup Agung Ieronymos mengatakan dia akan mengadakan pelayanan khusus di Metropolis Athena pada malam hari dan melantunkan Nyanyian Rohani Akathist untuk menghormati Perawan Maria. (Baca juga: Hagia Sophia Gelar Salat Jumat, Gereja Seluruh Yunani Bunyikan Lonceng )

Menurut tradisi Yunani, layanan yang sama diadakan di Hagia Sophia pada malam kejatuhan ibu kota Kekaisaran Bizantium ke Kekaisaran Ottoman pada tahun 1453.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0974 seconds (0.1#10.140)