10 Negara Terindah di Dunia, Apakah Indonesia Juaranya?

Sabtu, 17 Juni 2023 - 17:16 WIB
loading...
10 Negara Terindah di Dunia, Apakah Indonesia Juaranya?
Selandia Baru merupakan tujuan wisata ternama dunia karena keindahan negaranya. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Siapa yang tidak melihat foto perjalanan di Instagram dan berfantasi mengunjungi negara terindah di dunia? Tapi apa yang mendefinisikan keindahan? Negara tersebut umumnya akan menjadi tujuan wisata dan dicari banyak orang di dunia.

Keindahan itu merupakan anugerah Tuhan kepada rakyat di negara tersebut. Namun, banyak negara belum mampu mengeksplorasi dan menjual keindahan tersebut ke mata dunia.

Padahal, keindahan tersebut mampu menjadi aset yang berharga untuk mendatangkan kesejahteraan bagi warganya.

Sebuah studi baru dari situs webmoney.co.ukbertujuan untuk memberi peringkat beberapa negara terindah di dunia. Itu didasarkan pada jumlah keajaiban alam di setiap lokasi, mulai dari terumbu karang dan hutan hujan tropis hingga gunung berapi, gletser, dan lainnya.

“Meskipun keindahan pada akhirnya bersifat subyektif, jelas bahwa negara-negara ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada pengunjung, apakah Anda lebih suka berpetualang di pegunungan atau bersantai di tepi pantai,” kata Sal Haqqi, editor keuangan pribadi dimoney.co.uk.

Berikut adalah 10 negara terindah di dunia.

1. Indonesia

10 Negara Terindah di Dunia, Apakah Indonesia Juaranya?

Foto/Reuters

Berada di urutan teratas sebagai tempat terindah di dunia adalah Indonesia, yang memiliki skor keindahan alam 7,77 dari 10. Indonesia adalah rumah bagi lebih dari 17.000 pulau. “Dan tepat di lepas pantai pulau-pulau ini, Anda akan menemukan lebih dari 31.000 mil persegi terumbu karang, penuh dengan kehidupan, yang sebagian besar dapat dijelajahi dari provinsi populer Bali,” kata Haqqi.

Beberapa atraksi alam lain yang membantu mendorong Indonesia ke daftar teratas termasuk Taman Nasional Komodo (Situs Warisan Dunia UNESCO), Sumatera (dengan hutan tropis) dan Kalimantan (rumah bagi orangutan).


2. Selandia Baru

10 Negara Terindah di Dunia, Apakah Indonesia Juaranya?

Foto/Reuters

Selandia Baru memiliki skor keindahan alam 7,27 dari 10 dan terkenal dengan puncak gunungnya, perbukitan dan sejumlah gletser serta gunung berapi aktif. Tidak mengherankan jika begitu banyak film—termasuk The Lord of the Rings—difilmkan di sini.

Sebagai negara kepulauan dengan sejarah geologis yang kaya, Selandia Baru adalah rumah bagi gunung-gunung yang tertutup salju, pantai-pantai luas, puncak dan kawah gunung berapi kuno, hutan asli yang rimbun, danau kaca dan fyord, serta uap yang mengepul dan lumpur yang menggelegak di wilayah geotermal.

Sebagian besar hutan belantara dapat diakses melalui Taman Nasional, dengan pemandangan menakjubkan di jalan setapak dan jalur yang berkisar dari kurang dari satu jam hingga petualangan beberapa hari.

Sorotan pemandangan bahkan meluas setelah gelap, karena langit sehitam tinta Selandia Baru telah diakui memiliki beberapa pengamatan bintang terbaik di dunia.

3. Kolombia

Negara tersebut mendapat skor 7,16 dari 10 pada skala keindahan alam. Seperti Indonesia dan Selandia Baru, Kolombia memiliki garis pantai yang panjang. Ini juga memiliki beragam lanskap, dari Amazon hingga Andes.

Kolombia merupakan negara yang penuh warna dan beragam. Negara ini pernah dihindari oleh para pelancong karena kejahatan mafianya, tetapi sekarang Kolombia berada di urutan teratas dalam daftar banyak pelancong yang ingin dijelajahi oleh Amerika Selatan.

Budaya dan masakan negara ini juga sangat berwarna. Sama seperti kota kolonial, taman yang indah dan pantai yang luas.


4. Tanzania

Faktor yang membuat Tanzania menempati peringkat keempat antara lain memiliki pemandangan alam yang indah termasuk gunung berapi yang terkenal seperti Kilimanjaro yang merupakan gunung tertinggi di Afrika, Gunung Meru dan Oldoinyo Lengai, serta banyak hutan alam.

Selain itu, kawasan Kreta Ngorongoro sangat kaya akan alam, Taman Nasional Serengeti dengan satwa liar industri terbesar dan terbaik di dunia, beragam burung dan tumbuhan menjadi alasan yang memungkinkan Tanzania masuk sepuluh besar dunia.

Alasan lainnya adalah keberadaan batuan Matumbawe seluas 3.580 kilometer persegi dan keberadaan lahan lindung seluas 307.873 kilometer persegi.

5. Meksiko

Meksiko terkenal dengan pantai dan makanan penutupnya, serta beberapa kota utama seperti Mexico City dan San Miguel de Allende, tetapi banyak orang yang tidak menyadari bahwa itu juga merupakan negara dengan keindahan alam yang menakjubkan.

Meksiko sangat beragam dalam hal vegetasi, satwa liar, dan pemandangan yang menakjubkan. Faktanya, dalam hal keanekaragaman hayati, ini adalah salah satu dari lima negara teratas di planet ini.

Dengan pegunungan terjal dan lembah yang dalam di tengahnya, padang pasir yang luas di utara, dan hutan hujan lebat di selatan dan timur, Meksiko adalah tanah yang kontras.

6. Kenya

10 Negara Terindah di Dunia, Apakah Indonesia Juaranya?

Foto/Reuters

Kenya merupakan tempat yang sangat baik untuk memulai jika Anda tertarik untuk melakukan tur keliling Afrika. Negara ini terletak di Afrika Timur dengan garis pantai di Samudera Hindia.

Kenya menjadi rumah bagi sabana, Great Rift Valley yang dramatis, dan dataran tinggi pegunungan.

Pantai Diani yang dianggap sebagai pantai terbaik di Afrika terletak di Kenya dan terkenal dengan terumbu karangnya. Mida Creek, Taman Nasional Gerbang Neraka, dan Pantai Shanzu adalah beberapa tempat wisata alam lainnya di negara ini.

7. India

10 Negara Terindah di Dunia, Apakah Indonesia Juaranya?

Foto/Reuterd

India, negara terbesar ketujuh di dunia, dibedakan dari negara Asia lainnya dengan pegunungan dan lautnya, yang memberi negara ini identitas geografis yang berbeda.

Banyak puncak dan pegunungan yang indah dan perkasa dapat ditemukan di semenanjung India. Himalaya Besar, yang berisi hampir semua puncak tinggi dunia, adalah yang paling terlihat.

India menjadi rumah bagi beragam flora dan fauna, serta banyak taman nasional, suaka margasatwa, dan cagar biosfer, yang semuanya memberikan pemandangan satwa liar yang mempesona.

8. Prancis

10 Negara Terindah di Dunia, Apakah Indonesia Juaranya?

Foto/Reuters

Prancis sebagian besar dikenal karena makanan dan seninya, tetapi negara ini menawarkan lebih dari itu. Dari Gorges du Verdon yang menakjubkan, ngarai terbesar di Eropa, hingga Dune du Pilat, bukit pasir tertinggi di Eropa, Prancis adalah negara yang penuh dengan keajaiban alam.

Lanskap Prancis sangat beragam. Di pantai tenggara, tempat French Riviera berada, terdapat pantai-pantai yang indah, dan di selatan dan timur, Anda dapat melihat Pegunungan Alpen Prancis yang tertutup salju. Pegunungan Alpen Prancis adalah rumah bagi puncak tertinggi di Eropa, Monte Blanc, dengan ketinggian 4.810 meter.

9. Papua Nugini

Papua Nugini, 160 kilometer sebelah utara Australia, merupakan bagian dari busur besar pegunungan yang membentang dari Asia, melalui Indonesia, dan ke Pasifik Selatan. Papua Nugini terdiri dari lebih dari 600 pulau, dengan dataran tinggi menampung lebih dari sepertiga populasi.

Papua Nugini menawarkan pemandangan yang sangat beragam dan dramatis, dengan pemandangan pegunungan yang megah menembus cakrawala. Negara ini menjadi rumah bagi pegunungan vulkanik, hutan hujan yang masih asli, lembah yang subur, dan air terjun yang mengalir deras.

Papua Nugini merupakan salah satu negara yang paling jarang dikunjungi di dunia, yang memungkinkannya untuk mempertahankan keindahannya yang kasar dan alami, bebas dari pariwisata massal dan infrastruktur. Karena rendahnya populasi manusia dan keterpencilan fisik, banyak terumbu karang di Papua Nugini tetap sehat.

10. Komoro

Kepulauan Komoro terletak di utara Madagaskar di Samudera Hindia. Ini terdiri dari empat pulau vulkanik yang berbatasan dengan terumbu karang.

Komoro menawarkan beberapa pantai yang indah, dan kunjungan ke sini mencakup banyak waktu untuk beristirahat, berenang, dan snorkeling. Namun, ada baiknya juga mengemas sepatu hiking Anda karena Komoro menawarkan kesempatan untuk penjelajahan aktif. Semua pulau termasuk rute hiking, banyak di antaranya melewati hutan hujan perawan.

Kepulauan Komoro jarang dikunjungi, hanya sekitar 12.000 wisatawan per tahun. Akibatnya, infrastruktur wisata hampir tidak ada.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)