Lukashenko: Rusia Tawarkan Menyewa Crimea dari Ukraina

Kamis, 15 Juni 2023 - 03:18 WIB
loading...
Lukashenko: Rusia Tawarkan Menyewa Crimea dari Ukraina
Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mengklaim Rusia menawarkan kepada Ukraina untuk menyewa Crimea. Foto/Ilustrasi
A A A
MINSK - Presiden Belarusia , Alexander Lukashenko , mengklaim bahwa Rusia menawarkan kompensasi finansial ke Ukraina untuk Crimea , ketika kedua negara terlibat dalam pembicaraan damai yang ditengahi oleh Minsk tahun lalu.

Berbicara kepada outlet media Rusia pada hari Rabu, pemimpin Belarusia itu mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin telah menunjukkan kepadanya sebuah rancangan dokumen yang untuk sementara diterima oleh Moskow dan Kiev.

"Perjanjian yang diusulkan itu baik dan termasuk semacam sewa jangka panjang terkait Crimea," ujarnya.

“Itu adalah proses yang bagus, tetapi (Ukraina) keluar dari situ,” tambahnya seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (15/6/2023).



Belarusia berfungsi sebagai mediator antara Rusia dan Ukraina selama bertahun-tahun, dan menjadi tuan rumah pembicaraan pada 2014 dan 2015 yang menghasilkan penandatanganan perjanjian Minsk, road map yang didukung PBB untuk rekonsiliasi Kiev dengan Donbass.

Setelah permusuhan terbuka pecah tahun lalu, beberapa putaran negosiasi damai diadakan di Belarusia, tetapi pembicaraan kemudian dipindahkan ke Istanbul. Putaran diskusi yang berbasis di Turki menghasilkan rancangan perjanjian di mana Kiev berjanji untuk menjadi negara netral dengan imbalan jaminan keamanan.

Namun, itu berbalik arah segera setelah itu, yang digambarkan Moskow bahwa Ukraina mengikuti perintah Amerika Serikat (AS) untuk melanjutkan pertempuran.

Sebelum Crimea menolak kudeta bersenjata tahun 2014 di Kiev dan memilih dalam referendum untuk bergabung kembali dengan Rusia, Moskow membayar sewa tahunan kepada Kiev untuk menggunakan Sevastopol sebagai markas Armada Laut Hitamnya.

Terakhir diperbarui pada 2010, ketika Moskow menawarkan potongan harga gas alam untuk perpanjangan. Dengan perubahan status Crimea, pemerintah Rusia menyatakan perjanjian itu batal demi hukum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1273 seconds (0.1#10.140)