Kepala NATO Berharap Serangan Ukraina Akan Paksa Rusia Bernegosiasi

Rabu, 14 Juni 2023 - 18:10 WIB
loading...
Kepala NATO Berharap Serangan Ukraina Akan Paksa Rusia Bernegosiasi
Kepala NATO Berharap Serangan Ukraina Akan Paksa Rusia Bernegosiasi. FOTO/Anadolu Agency
A A A
WASHINGTON - Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Gedung Putih pada Selasa (13/6/2023), bahwa Ukraina yang didukung Barat sedang "membuat kemajuan" dalam serangannya untuk mendorong Rusia kembali dari wilayah pendudukan.

"Orang Ukraina membuat kemajuan, membuat kemajuan," katanya di Ruang Oval, seperti dikutip dari AFP.



Stoltenberg, yang berkunjung menjelang KTT NATO Juli di ibu kota Lituania, Vilnius, memberikan wawasan tentang bagaimana blok militer Barat yang kuat melihat upaya Ukraina untuk membalikkan keadaan di Rusia.

Ukraina mengaku optimis tentang serangan balik mereka yang telah lama dipersiapkan di seluruh front di timur dan selatan, yang pada akhirnya mengusir pasukan Rusia dari seluruh negeri. Stoltenberg menekankan operasi tersebut sebagai cara untuk mendapatkan pengaruh negosiasi.

"Semakin banyak tanah yang bisa dibebaskan Ukraina, semakin kuat tangan mereka di meja perundingan," katanya.

Biden menyambut baik Stoltenberg, yang akan mundur pada akhir masa jabatannya pada Oktober. Biden mengatakan, bahwa reaksi NATO terhadap invasi Rusia ke Ukraina telah membuat aliansi menjadi lebih kuat.



"Kami telah memperkuat sayap timur NATO, memperjelas bahwa kami akan mempertahankan setiap jengkal wilayah NATO. Saya katakan lagi: komitmen Amerika Serikat terhadap Pasal V NATO sangat kokoh," kata Biden, mengacu pada janji oleh anggota untuk saling membela.

"Pada KTT kami di Lituania bulan depan, kami akan membangun momentum itu," kata Biden. Sebelumnya, Stoltenberg mengatakan kepada CNN bahwa "masih awal" untuk serangan, yang dia sebut sebagai "sulit".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1211 seconds (0.1#10.140)