Pecahkan Rekor, Profesor AS Hidup 100 Hari di Bawah Air

Sabtu, 10 Juni 2023 - 13:55 WIB
loading...
Pecahkan Rekor, Profesor AS Hidup 100 Hari di Bawah Air
Pecahkan Rekor, Profesor AS Hidup 100 Hari di Bawah Air. FOTO/Reuters
A A A
FLORIDA - Seorang profesor universitas yang menghabiskan 100 hari hidup di bawah air , di pondok penyelam Florida Keys, Amerika Serikat (AS) muncul kembali ke permukaan pada Jumat (9/6/2023). Ia mengangkat wajahnya ke matahari untuk pertama kalinya sejak 1 Maret.

Joseph Dituri mencetak rekor baru untuk waktu terlama hidup di bawah air tanpa depresurisasi selama tinggal di Jules 'Undersea Lodge. Ia terendam di bawah 30 kaki (9,14 meter) di laguna Key Largo.



Penjelajah selam dan peneliti medis ini memecahkan rekor sebelumnya yaitu 73 hari, dua jam dan 34 menit yang ditetapkan oleh dua profesor Tennessee di pondok yang sama pada tahun 2014.

“Itu tidak pernah tentang rekor,” kata Dituri. “Itu tentang memperluas toleransi manusia terhadap dunia bawah laut dan untuk lingkungan yang terisolasi, terkurung, dan ekstrim,” lanjutnya, seperti dikutip dari AP.

Dituri, yang juga dikenal dengan moniker “Dr. Deep Sea,” adalah seorang pendidik Universitas Florida Selatan yang meraih gelar doktor dalam bidang teknik biomedis dan merupakan pensiunan perwira Angkatan Laut AS.

Guinness World Records mendaftarkan Dituri sebagai pemegang rekor di situs webnya setelah hari ke-74 di bawah air bulan lalu. Yayasan Pengembangan Sumber Daya Kelautan, yang memiliki pondok tersebut, akan meminta Guinness untuk mengesahkan tanda 100 hari Dituri, menurut kepala yayasan Ian Koblick.



Usaha Dituri, yang dijuluki Proyek Neptunus 100, diselenggarakan oleh yayasan. Tidak seperti kapal selam, yang menggunakan teknologi untuk menjaga tekanan di dalam hampir sama dengan di permukaan, interior pondok diatur agar sesuai dengan tekanan yang lebih tinggi yang ditemukan di bawah air.

Proyek ini bertujuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana tubuh dan pikiran manusia merespons paparan yang diperpanjang terhadap tekanan ekstrem dan lingkungan yang terisolasi dan dirancang untuk memberi manfaat bagi peneliti laut dan astronot dalam misi jangka panjang di masa depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1895 seconds (0.1#10.140)