Sebut Dirinya Zionis Muslim, Eks Miss Irak Maju Jadi Calon Anggota Kongres AS

Sabtu, 10 Juni 2023 - 00:48 WIB
loading...
Sebut Dirinya Zionis Muslim, Eks Miss Irak Maju Jadi Calon Anggota Kongres AS
Mantan Miss Irak, Sarah Idan, yang sebut dirinya wanita Zionis Muslim, maju menjadi calon anggota Kongres Amerika Serikat. Foto/Instagram/SarahIdan
A A A
CALIFORNIA - Mantan Miss Irak, Sarah Idan, telah secara resmi mengumumkan pencalonannya sebagai anggota Kongres Amerika Serikat (AS) dari Distrik 30 California pada pemilu November 2024.

Maju lewat Partai Demokrat, dia menyebut dirinya wanita Zionis Muslim sekuler yang percaya pada kebebasan.

Idan saat ini tinggal di Los Angeles dan merupakan pendiri Humanity Forward, sebuah organisasi bipartisan nirlaba yang berkomitmen untuk membangun jembatan antara Muslim dan Yahudi untuk melampaui batas dan mempromosikan rekonsiliasi, toleransi, saling pengertian, dan perdamaian.

Kursi yang dia incar saat ini dipegang oleh Adam Schiff, yang akan maju mencalonkan diri sebagai Senat.

Baca Juga: Selfie Miss Israel dan Miss Irak Picu Kemarahan Publik Arab

Schiff, yang merupakan ketua Komite Intelijen Parlemen pada tahun 2021, menyambut baik janji pemerintah AS untuk merilis laporan yang tidak diklasifikasikan tentang siapa yang membunuh jurnalis pembangkang Arab Saudi; Jamal Khashoggi, dan menyerukan agar dokumen itu dipublikasikan tanpa penundaan.

Idan mengatakan kepada outlet berita Yahudi AS, The Algemeiner, Jumat (9/6/2023), bahwa jika dia menang, dia akan menjadi imigran perempuan Irak pertama dan Zionis Muslim sekuler dalam sejarah yang terpilih menjadi anggota Kongres.

Pada 2017, Idan adalah kontestan Miss Universe dan mem-posting foto dirinya bersama Miss Israel, Adar Gandelsman, yang pada saat itu membuatnya menerima ancaman pembunuhan.

Dia mengatakan kepada The Algemeiner bahwa dia dipaksa meninggalkan negara asalnya dan kewarganegaraan Iraknya dicabut.

Pada tahun 2020, dia menimbulkan kontroversi secara online setelah mem-posting foto dengan kepala Mossad Israel di Gedung Putih selama upacara normalisasi yang ditengahi AS antara Israel, Uni Emirat Arab (UEA), dan Bahrain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0978 seconds (0.1#10.140)