Perbandingan Kekuatan Militer Negara Pemenang Perang Dunia II

Jum'at, 09 Juni 2023 - 16:10 WIB
loading...
Perbandingan Kekuatan Militer Negara Pemenang Perang Dunia II
Lima negara pemenang Perang Dunia II menjadi kekuatan militer dunia. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Perang Dunia II meletus pada tahun 1939 hingga 1945. Perang ini melibatkan dua blok utama yang saling bertentangan yaitu Blok Sekutu dan Blok Poros.

Blok Sekutu terdiri dari Amerika Serikat (AS), Uni Soviet, Inggris, Prancis dan China. Sedangkan lawannya, Blok Poros terdiri dari Jerman Nazi di bawah pimpinan Adolf Hitler, Italia Fascis yang dipimpin oleh Benito Mussolini, dan Kekaisaran Jepang yang dipimpin oleh Kaisar Hirohito.

Pada akhirnya, Blok Sekutu keluar sebagai pemenang dari konflik global ini. Negara-negara pemenang ini berperan dalam membentuk tatanan dunia pasca-perang melalui pembentukan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan mengambil langkah-langkah lain untuk memastikan perdamaian dan kestabilan.

Saat ini, para pemenang Perang Dunia II ini tumbuh menjadi negara besar dan memiliki kekuatan militer dunia. Lalu bagaimana perbandingan kekuatan militer negara-negara tersebut?

Perbandingan kekuatan militer 5 negara pemenang Perang Dunia II


Perbandingan kekuatan militer 5 negara pemenang Perang Dunia II ini diambil dari berbagai sumber.

1. Jumlah Pasukan


Pada masa akhir Perang Dunia II, Amerika Serikat (AS) menjadi negara dengan jumlah pasukan yang fantastis yaitu 12,2 juta orang. Kemudian diikuti oleh Uni Soviet yang memiliki pasukan 11,3 juta perwira dan prajurit.

Inggris berada di posisi berikutnya dengan 8,5 juta orang. Sedangkan untuk jumlah tentara Prancis dan China pada masa itu sukar didapat.

Pada 1991, Uni Soviet runtuh dan kekuatannya lebih banyak berpusat di Rusia dan kini menjadi salah satu negara terkuat kekuatan militernya

Saat ini, menurut situs Global Fire Power, Rusia mempunyai jumlah tentara aktif sebanyak 830.900 personel dengan cadangan dan paramiliter sebanyak 250 ribu.

Sedangkan AS memiliki tentara aktif sebanyak 1.390.000 dengan cadangan 442 ribu personel. Jumlah ini masih di bawah China yang memiliki tentara aktif sebanyak 2 juta personel dengan personel cadangan mencapai 510 ribu dan paramiliter 625 ribu.

Sementara Inggris mempunya tentara aktif sebanyak 194 ribu dengan personel cadangan mencapai 37 ribu. Prancis sendiri jumlah tentara aktif sebanyak 205 ribu dengan personel cadangan mencapai 35 ribu dan paramiliter 175 ribu.

2. Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista)


Saat Perang Dunia II, Uni Soviet menjadi negara yang memilik keunggulan alutsista. Negara ini mampu memproduksi 30,3 juta senjata, ratusan ribu artileri, pesawat tempur, kapal penjelajah selama Perang Dunia II.

Inggris juga menjadi negara yang cukup unggul alutsistanya pada masa itu. Berbagai senjata, seperti granat, pistol, senapan, hingga berbagai jenis tank dimiliki Inggris kala itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1273 seconds (0.1#10.140)