6 Kapal Perang Terbaik di Dunia, 4 Destroyer Justru dari Asia

Sabtu, 03 Juni 2023 - 13:59 WIB
loading...
6 Kapal Perang Terbaik di Dunia, 4 Destroyer Justru dari Asia
Kapal perang menjadi armada andalan bagi suatu negara. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Kekuatan militer suatu negara kerap dikaitkan dengan armada Angkatan Laut-nya. Itulah yang menjadikan banyak negara berlomba-lomba memproduksi kapal perang untuk menjadi terbaik di medan tempur.

Dunia selalu berkaca bahwa Amerika Serikat (AS) memiliki armada kapal perang terbaik. Namun, AS sendiri pusing karena mereka harus berpikir untuk armada kapal perang China yang terus berkembang. Kenapa? Beberapa ahli memperkirakan China dapat membangun tiga kapal perang dalam waktu yang dibutuhkan AS untuk membangun satu.

Untuk itu, AS pun mengajak aliansinya untuk memproduksi kapal perang. Adalah Korea Selatan dan Jepang yang memproduksi beberapa kapal perang dengan spesifikasi tertinggi. Tak banyak ahli militer mengatakan banyak negara membeli kapal dari Korea Selatan dan Jepang untuk bisa menjadi cara yang hemat biaya untuk menutup celah dengan China.

“Kapal perang mereka pasti cocok untuk rekan-rekan mereka (China),” kata Blake Herzinger, seorang peneliti di Pusat Studi Amerika Serikat di Australia, dilansir CNN.

“Perancang kapal perang Jepang termasuk yang terbaik di dunia,” kata Carl Schuster, mantan direktur operasi di Pusat Intelijen Gabungan Komando Pasifik AS di Hawaii.

Berikut adalah 6 kapal perang terbaik di dunia.

1. Tipe 055, China

6 Kapal Perang Terbaik di Dunia, 4 Destroyer Justru dari Asia

Foto/Reuters

Pentagon memperkirakan angkatan laut China memiliki sekitar 340 kapal perang saat ini, sementara AS memiliki kurang dari 300. Diperkirakan armada China akan tumbuh menjadi 400 dalam dua tahun ke depan, sementara armada AS akan memakan waktu hingga 2045 untuk mencapai 350.

Tapi bukan hanya peningkatan luas angkatan laut China yang menimbulkan kekhawatiran. Beberapa kapal yang diproduksi China bisa dibilang memiliki daya tembak yang lebih besar daripada beberapa kapal AS.

Dengan berat 12.000 hingga 13.000 ton, Tipe 055 lebih besar dari kapal perusak biasa (ukurannya lebih dekat dengan kapal penjelajah kelas Ticonderoga Angkatan Laut AS). Kapal itu memiliki 112 sel sistem peluncuran vertikal (VLS) yang menembakkan rudal permukaan-ke-udara dan anti-kapal. Hal yang membanggakan adalah kapal itu memiliki sistem radio yang canggih dan sistem senjata anti-kapal selam.

2. Sejong the Great, Korea Selatan

6 Kapal Perang Terbaik di Dunia, 4 Destroyer Justru dari Asia

Foto/Reuters

Sejong the Great, harganya masing-masing sekitar USD925 juta, adalah kebanggaan armada Korea Selatan.

“Dengan satu kapal ini, (Angkatan Laut Korea Selatan) dapat mengatasi beberapa situasi simultan – anti-pesawat, anti-kapal, anti-kapal selam, anti-permukaan – dan bertahan dari rudal balistik,” kata Badan Media Pertahanan Korea Selatan .
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1087 seconds (0.1#10.140)