Pasukan Rusia Mengamuk di Belgorod, Habisi 30 Penyusup asal Ukraina

Kamis, 01 Juni 2023 - 19:11 WIB
loading...
Pasukan Rusia Mengamuk di Belgorod, Habisi 30 Penyusup asal Ukraina
Pasukan gabungan Rusia membunuh 30 orang penyusup asal Ukraina yang mencoba menyerang wilayah Belgorod, Kamis (1/6/2023). Foto/Telegram/legionoffreedom
A A A
MOSKOW - Pasukan gabungan Rusia pada Kamis (1/6/2023) membunuh 30 orang penyusup yang berupaya melancarkan serangan di wilayah Belgorod. Kementerian Pertahanan di Moskow mengatakan 30 orang itu merupakan milisi asal Ukraina.

Pasukan gabungan yang melakukan operasi besar-besaran di Belgorod—wilayah Rusia yang berbatasan dengan Ukraina—terdiri dari Angkatan Bersenjata dan Pasukan Penjaga Perbatasan, dan elemen lain dari Dinas Keamanan Federal (FSB) Rusia.

Setidaknya ada tiga percobaan serangan yang digagalkan pasukan gabungan Rusia di dekat kota Shebekino, Belgorod.

"Pagi ini, Angkatan Bersenjata Rusia...menggagalkan upaya baru rezim Kiev—sebutan Rusia untuk Kyiv—untuk melakukan aksi teroris terhadap penduduk sipil kota Shebekino, Wilayah Belgorod," kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan.



Menurut pernyataan tersebut, Ukraina mengerahkan dua kompi infanteri yang didukung oleh tank untuk serangan-serangan tersebut.

“Berkat tindakan berani prajurit Rusia, tiga serangan oleh kelompok teroris Ukraina berhasil dihalau,” kata kementerian tersebut, menambahkan bahwa pesawat tempur milik pasukan Distrik Militer Barat Rusia telah melakukan 11 serangan terhadap target musuh.

"Akibat tindakan aktif unit-unit yang menutupi perbatasan negara bagian Distrik Militer Barat dan FSB Rusia, formasi teroris rezim Kiev, yang menderita kerugian yang signifikan, dihalau. Pelanggaran perbatasan negara tidak diizinkan," imbuh kementerian itu.

"Selama pertempuran, pasukan Ukraina kehilangan 30 teroris, empat kendaraan tempur lapis baja, kendaraan tempur Grad MLRS, satu truk pikap," papar Kementerian Pertahanan Rusia.

Sebelum penyerangan diluncurkan, Ukraina dilaporkan telah melakukan serangan artileri roket terhadap Shebekino. Serangan itu merusak bangunan tempat tinggal dan menyebabkan cedera di kalangan warga sipil.

Bulan lalu, kontingen kecil militan Ukraina yang dilengkapi dengan perangkat keras militer Barat melancarkan serangan ke Wilayah Belgorod.

Angkatan Bersenjata Rusia kemudian meluncurkan operasi dengan menghancurkan kelompok penyusup, menewaskan 70 orang, dan memaksa sisanya melarikan diri kembali ke Ukraina.

Ukraina tidak pernah mengaku bertanggung jawab atas serangan di Belgorod. Mereka mengeklaim hanya berperang di wilayah Ukraina yang direbut pasukan Rusia.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1667 seconds (0.1#10.140)