Kembali Bersitegang, Ini 10 Fakta Perang Serbia-Kosovo

Kamis, 01 Juni 2023 - 06:20 WIB
loading...
Kembali Bersitegang, Ini 10 Fakta Perang Serbia-Kosovo
Ketegangan antara Serbia dan Kosovo memicu kekhawatiran akan terulangnya konflik pada 1998-1999. Foto/The Des Moines Register
A A A
JAKARTA - Ketegangan antara Serbia dan Kosovo kembali berkobar pada minggu ini setelah polisi Kosovo menggerebek daerah-daerah yang didominasi etnis Serbia di utara kawasan itu dan menyita gedung-gedung distrik setempat.

Terjadi bentrokan sengit antara polisi Kosovo dan pasukan penjaga perdamaian yang dipimpin NATO di satu sisi dan warga lokal Serbia di sisi lain, menyebabkan puluhan orang terluka di kedua sisi.

Serbia meningkatkan kesiapan tempur pasukannya yang ditempatkan di dekat perbatasan dan memperingatkan tidak akan tinggal diam jika orang Serbia di Kosovo diserang lagi.

Situasi tersebut kembali memicu kekhawatiran akan terulangnya konflik 1998-99 di Kosovo yang merenggut lebih dari 10.000 nyawa dan menyebabkan lebih dari 1 juta orang kehilangan tempat tinggal

Perang antara Serbia dan Kosovo terjadi antara tahun 1998 hingga 1999 antara pasukan Serbia yang didukung oleh pemerintah Serbia dengan Tentara Pembebasan Kosovo (KLA) serta pasukan NATO yang dipimpin oleh Amerika Serikat (AS) di sisi lain.

Konflik ini adalah bagian dari konflik yang lebih besar di wilayah bekas Yugoslavia setelah keruntuhan negara itu pada awal 1990-an.

Berikut adalah fakta-fakta perang Serbia-Kosovo


1. Perang Kosovo terjadi di provinsi Serbia Kosovo dari tahun 1998 hingga 1999. Etnis Albania yang tinggal di Kosovo menghadapi tekananetnis Serbia yang berjuang untuk menguasai wilayah tersebut.Etnis Albania juga menentang pemerintah Yugoslavia, yang terdiri dari Serbia, Montenegro, Kroasia, Bosnia-Herzegovina, Slovenia, dan Makedonia modern.

2. Muslim Albania adalah etnis mayoritas di Kosovo. Presiden Serbia, Slobodan Milosevic, menolak untuk mengakui hak mayoritas karena Kosovo adalah wilayah yang disakralkan oleh Serbia. Dia berencana mengganti bahasa dan budaya Albania dengan institusi Serbia.

3. Komunitas internasional gagal mengatasi eskalasi ketegangan antara Albania dan Serbia. Dengan melakukan itu, mereka secara tidak sengaja mendukung kaum radikal di wilayah tersebut. Etnis Albania di Kosovo membentuk Tentara Pembebasan Kosovo (KLA) pada awal 1990-an. Kelompok militan mulai menyerang polisi dan politisi Serbia dan terlibat dalam pemberontakan habis-habisan pada tahun 1998.

4. Pasukan Serbia dan Yugoslavia mencoba melawan dukungan KLA yang semakin meningkat melalui taktik dan kekerasan yang menindas. Pemerintah menghancurkan desa-desa dan memaksa orang meninggalkan rumah mereka. Mereka membantai seluruh desa. Banyak orang meninggalkan rumah mereka.

5. Ketika konflik semakin parah, intervensi internasional meningkat. Grup Kontak (terdiri dari AS, Inggris, Jerman, Prancis, Italia, dan Rusia) menuntut gencatan senjata, penarikan pasukan Yugoslavia dan Serbia dari Kosovo,serta kembalinya para pengungsi. Yugoslavia pada awalnya setuju tetapi akhirnya gagal menerapkan ketentuan perjanjian tersebut.

6. Pasukan Yugoslavia dan Serbia terlibat dalam kampanye pembersihan etnis selama perang berlangsung. Pada akhir Mei 1999, 1,5 juta orang telah meninggalkan rumah mereka. Pada saat itu, jumlahnya sekitar 90 persen dari populasi Kosovo.

7. Negosiasi diplomatik antara delegasi Kosovo dan Serbia dimulai di Prancis pada tahun 1999, tetapi pejabat Serbia menolak untuk bekerja sama. Sebagai tanggapan, NATO memulai kampanye serangan udara terhadap sasaran Serbia, dengan fokus utama pada penghancuran gedung dan infrastruktur pemerintah Serbia. Pengeboman menyebabkan arus pengungsi lebih lanjut ke negara-negara tetangga dan kematian beberapa warga sipil.

8. Pada bulan Juni 1999, NATO dan Yugoslavia menandatangani kesepakatan damai untuk mengakhiri Perang Kosovo. Pemerintah Yugoslavia setuju untuk menarik pasukan dan mengembalikan hampir satu juta etnis Albania dan setengah juta pengungsi umum. Sayangnya, ketegangan antara orang Albania dan Serbia berlanjut hingga abad ke-21. Kerusuhan anti-Serbia pecah pada Maret 2004 di seluruh wilayah Kosovo. Dua puluh orang tewas dan lebih dari 4.000 orang Serbia dan minoritas lainnya mengungsi.

9. Pada Februari 2008, Kosovo mendeklarasikan kemerdekaan dari Serbia. Selanjutnya, Yugoslavia tidak ada lagi pada tahun 2003 dan masing-masing menjadi negara Serbia dan Montenegro. Serbia, bersama dengan banyak negara lain, menolak untuk mengakui kemerdekaan Kosovo.

10. Pada akhir tahun 2016, sebuah pengadilan didirikan di Pengadilan Kriminal Internasional untuk mengadili orang Kosovo atas kejahatan perang terhadap etnis minoritas dan lawan politik. Selain itu, satuan tugas UE yang dibentuk pada tahun 2011 menemukan bukti bahwa anggota KLA melakukan kejahatan ini setelah perang berakhir. Sebelumnya, Pengadilan Pidana Internasional PBB untuk Bekas Yugoslavia mengadili beberapa anggota KLA.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1661 seconds (0.1#10.140)