Mantan Perdana Menteri: Zelensky Ubah Ukraina Jadi Afghanistan Baru

Selasa, 30 Mei 2023 - 19:30 WIB
loading...
Mantan Perdana Menteri: Zelensky Ubah Ukraina Jadi Afghanistan Baru
Presiden AS Joe Biden bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Ruang Oval Gedung Putih di Washington, AS, 21 Desember 2022. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Semakin banyak pengamat yang menarik kesamaan antara kekacauan dan kehancuran yang melanda Afghanistan selama 20 tahun perang dan pendudukan yang dipimpin Amerika Serikat (AS) dan NATO, dengan krisis di Ukraina.

Kudeta yang didukung Barat di Ukraina pada tahun 2014 menyebabkan perang saudara di Donbass, dan akhirnya memuncak dalam perang proksi skala penuh NATO-Rusia.

Mantan Perdana Menteri (PM) Ukraina Nikolai Azarov menegaskan warisan Presiden Volodymyr Zelensky adalah mengubah negaranya menjadi "Afghanistan baru".

"Selama bertahun-tahun, presiden Ukraina berjanji mengubah negara itu menjadi Prancis baru atau Swiss baru. Namun, Zelensky melangkah lebih jauh dari siapa pun dan mengubah negara itu menjadi Afghanistan baru, untuk menyenangkan Anglo-Saxon dan perusahaan pertahanan," tulis Azarov dalam postingan media sosial.

"Bagaimana menurutmu? Apakah ada kemungkinan bahwa Washington akan bosan dengan 'mainannya' di masa mendatang? Atau apakah kesenangan mempermainkan Rusia lebih penting daripada nyawa para sandera rezim Kiev?" tanya politisi itu.

Dalam wawancara dengan Sputnik awal bulan ini, Azarov merinci peran yang dimainkan Amerika Serikat dan Inggris dalam mengubah Ukraina menjadi negara gagal, mengingat bagaimana, dalam sembilan tahun sejak kudeta Euromaidan 2014, populasi negara itu berkurang menjadi setengah, bencana yang tidak disaksikan bahkan selama Perang Dunia Kedua.



Mencirikan Zelensky sebagai kapal kosong dan alat kekuatan Barat dan kepentingan oligarki yang lebih peduli pada keuntungan dan popularitas di luar negeri daripada rakyat Ukraina, Azarov mengharapkan dia mengalami nasib yang sama seperti pendahulunya yang pro-Barat Viktor Yushchenko.

Azarov menjabat sebagai perdana menteri Ukraina dari 2002-2005, 2006-2007 dan 2010-Januari 2014, memimpin pertumbuhan ekonomi terkuat Ukraina dalam sejarah pasca-Soviet.

Dia dipaksa mengundurkan diri pada awal 2014 di tengah protes jalanan di Kiev, beberapa pekan sebelum kudeta Euromaidan menggulingkan Presiden Viktor Yanukovych.

Azarov bukanlah orang pertama yang membuat perbandingan antara krisis di negaranya dan perang 20 tahun di Afghanistan, dengan pengamat independen mencirikan kedua konflik tersebut sebagai peluang bagi kompleks industri militer AS untuk mendapatkan kontrak pertahanan baru yang massif.

Namun dia memperingatkan Ukraina bisa menjadi "perang selamanya" gaya Washington berikutnya.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)