Armenia dan Azerbaijan Ungkap Hasil Perundingan Damai di Rusia

Jum'at, 26 Mei 2023 - 05:45 WIB
loading...
Armenia dan Azerbaijan Ungkap Hasil Perundingan Damai di Rusia
Perdana Menteri (PM) Armenia Nikol Pashinyan dan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev. Foto/president.az
A A A
MOSKOW - Yerevan dan Baku siap mengakhiri perselisihan 30 tahun atas Nagorno Karabakh. Perdana Menteri (PM) Armenia Nikol Pashinyan dan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev mengumumkan hal itu pada Kamis di Moskow, Rusia.

Selama pertemuan Dewan Ekonomi Eurasia, yang diselenggarakan Presiden Rusia Vladimir Putin, kedua pemimpin menegaskan mereka siap menormalisasi hubungan atas dasar “saling mengakui integritas teritorial,” menurut Aliyev dan Pashinyan.

Putin mengatakan dia "sangat senang" kedua bekas republik Soviet tampaknya telah mencapai kesepakatan, "termasuk komunikasi transportasi."

Ini tampaknya merujuk pada akses Azerbaijan ke wilayah Nakhichevan, yang terletak di antara Armenia dan Turki.

Pashinyan setuju kedua negara "membuat kemajuan yang baik dalam menyelesaikan hubungan kita" atas dasar pengakuan timbal balik, tetapi keberatan dengan penggunaan frasa "koridor Zangerzur" oleh Aliyev, dengan mengatakan ini dapat dianggap sebagai klaim atas wilayah Armenia.

“Gencatan senjata Nagorno-Karabakh November 2020 hanya berbicara tentang satu koridor, Lachin, yang perlu berada di bawah kendali penjaga perdamaian Rusia tetapi sayangnya telah diblokir secara ilegal oleh Azerbaijan,” ungkap Pashinyan.



Dia menambahkan, “Namun, saya ingin memastikan kesiapan Armenia untuk membuka blokir semua koneksi transportasi dan ekonomi serta jalan yang melewati wilayah Armenia.”

"Kata 'koridor' bukanlah perambahan di wilayah seseorang," jawab Aliyev, bersikeras seseorang harus "berusaha sangat keras atau memiliki imajinasi yang sangat kaya" untuk menafsirkan ungkapannya sebagai aspirasi teritorial, yang tidak dimiliki Azerbaijan.

“Fakta bahwa Armenia secara resmi mengakui Karabakh sebagai bagian dari Azerbaijan adalah peluang besar untuk mencapai kesepakatan damai,” papar dia.

Nagorno-Karabakh adalah wilayah otonom di Azerbaijan Soviet, tetapi dengan populasi mayoritas etnis Armenia.

Wilayah itu memisahkan diri dari Azerbaijan bahkan sebelum Baku mendeklarasikan kemerdekaan dari Uni Soviet, memicu konflik etnis yang merenggut ribuan nyawa sebelum dibekukan oleh gencatan senjata tahun 1994.

Gejolak terbaru, pada tahun 2020, mengakibatkan pasukan Azerbaijan bergerak maju untuk memotong jalan utama antara Karabakh dan Armenia.

Rusia turun tangan untuk menengahi gencatan senjata, yang sebagian besar diadakan sejak saat itu.

Pashinyan memberi isyarat bahwa Armenia bersedia menyerahkan Karabakh sebelum pertemuan Moskow, tetapi mengatakan dia akan mencari jaminan internasional untuk etnis Armenia yang tersisa di sana.

Dia juga mengatakan Yerevean mungkin mempertimbangkan untuk meninggalkan Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO), yang menunjukkan blok militer pimpinan Rusia telah gagal melindungi Armenia.

Pashinyan telah mengambil sikap ini sejak kunjungan September 2022 ke Yerevan oleh Nancy Pelosi, yang saat itu menjabat sebagai Ketua DPR Amerika Serikat.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1410 seconds (0.1#10.140)