Duh, 60.000 Ton Bahan Peledak Amonium Nitrat Hilang dalam Pengiriman

Minggu, 21 Mei 2023 - 09:54 WIB
loading...
Duh, 60.000 Ton Bahan Peledak Amonium Nitrat Hilang dalam Pengiriman
Sebanyak 60.000 ton bahan peledak amonium nitrat hilang dalam pengiriman. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Sekitar 60.000 ton bahan kimia peledak dilaporkan hilang dari gerbong kereta bulan lalu saat dikirim melalui Amerika Serikat (AS) bagian barat.

Kantor berita KQED melaporkan perusahaan bahan peledak Dyno Nobel melaporkan hilangnya amonium nitrat – bahan utama dalam pengeboman yang dilakukan Timothy McVeigh pada tahun 1995 di Oklahoma City – ke National Response Center federal pada 10 Mei lalu.

Outlet itu melaporkan bahan kimia, yang juga dapat digunakan sebagai pupuk, diletakkan di gerbong kereta yang berangkat dari Cheyenne, Wyoming, pada 12 April menuju California, dan gerbong ditemukan kosong dua minggu kemudian saat berhenti di Gurun Mojave.



Empat investigasi terpisah telah diluncurkan.

Juru bicara Dyno Nobel mengatakan kepada KQED perusahaan itu mengirimkan amonium nitrat dalam bentuk pelet dan percaya benda itu mungkin mulai jatuh dari gerbong di beberapa titik selama perjalanan.

“Gerbong itu disegel saat meninggalkan fasilitas Cheyenne, dan segelnya masih utuh saat tiba di Saltdale (California). Penilaian awal adalah bahwa kebocoran melalui gerbang bawah di gerbong mungkin terjadi saat transit,” kata juru bicara itu kepada KQED seperti dikutip dari New York Post, Minggu (21/5/2023).

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1023 seconds (0.1#10.140)