2 Penyebab Ukraina Butuh Jet Tempur F-16

Kamis, 18 Mei 2023 - 09:19 WIB
loading...
2 Penyebab Ukraina Butuh Jet Tempur F-16
Ukraina membutuhkan pesawat tempur F-16. Foto/Reuters
A A A
KIEV - Ukraina memiliki satu kelemahan yang sangat fatal dalam perang melawan Rusia yakni ketidaktersediaannya pesawat tempur. Kiev pun membujuk Barat untuk menyuplai pesawat tempur seperti F-16 yang banyak diterbangkan negara-negara NATO.

Janji menyuplai pesawat sudah diungkapkan Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak dan PM Belanda Mark Rutte. Mereka membangun koalisi jet untuk membantu Ukraina. “Kita ingin menciptakan koalisi jet dan saya sangat positif mengenai hal tersebut,” ujar Presiden Ukraina Vladimir Zelenskiy, dilansir Reuters.

Sebenarnya banyak negara Barat khawatir memberikan bantuan jet tempur. Kenapa? Mereka khawatir Ukraina akan menggunakan jet tempur tersebut untuk melancarkan serangan ke wilayah Rusia. Itu bisa menjadi dalih bagi Moskow untuk meningkatkan eskalasi ketegangan. Jika fatal, Perang Dunia III bisa saja pecah.

Berikut 2 alasan kenapa Ukraina membutuhkan jet tempur seperti F-16.



1. F-16 Paling Efektif

2 Penyebab Ukraina Butuh Jet Tempur F-16

Foto/Reuters

Ukraina menginginkan F-16 karena itu merupakan pesawat yang paling efekti hingga lima kali lipat dibandingkan jet tempur milik Rusia saat ini.

Melansir situs Lockheed Martin, F-16 memiliki kemampuan radar yang canggih dengan dukungan piranti lunak sehingga membuat pilot selalu siaga dan waspada dengan kondisi di medan tempur. Radar F-16 juga menyediakan informasi bagi pilot untuk memetakan target serangan dengan detail.

F-16 mampu dikombinasikan dengan berbagai senjata dan misil. Pesawat itu telah mendapatkan sertifikat untuk bisa dipasangkan dengan 180 jenis senjata dengan berbagai tipe.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2009 seconds (0.1#10.140)