Spesifikasi Rudal Storm Shadow, Senjata yang Dipasok Inggris ke Ukraina

Rabu, 17 Mei 2023 - 13:21 WIB
loading...
Spesifikasi Rudal Storm...
Rudal Storm Shadow buatan Inggris dikirim ke Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Seiring dengan masih memanasnya perang antara Rusia dan Ukraina, banyak negara Barat yang juga terus mengirimkan bantuan berupa senjata kepada Ukraina.

Salah satunya adalah Inggris, yang telah mengakui pengiriman rudal Storm Shadow pada 12 Mei 2023. Dengan dikirimnya rudal ini, Inggris berharap Ukraina bisa lebih baik untuk mempertahankan diri.

Pengiriman tersebut dilakukan karena Ukraina sudah berulang kali meminta agar Barat memberikan lebih banyak senjata untuk membantu perjuangannya di medan perang.

Di sisi lain, pemerintah Inggris juga melihat Rusia semakin gencar melakukan penyerangan dengan target infrastruktur milik warga sipil Ukraina.

Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace, mengaku pihaknya tidak akan tinggal diam melihat fakta semakin banyaknya warga sipil yang menjadi korban akibat serangan Rusia.

Wallace menekankan, penggunaan Storm Shadow tidak akan diperuntukkan untuk menyerang target di dalam wilayah Rusia. Melainkan akan digunakan untuk membidik target yang ada di dalam kedaulatan Ukraina.



Dengan dikirimnya rudal ini, maka banyak pengamat dan pakar yang menyatakan bahwa Rusia akan mendapatkan masalah besar.

Rudal Storm Shadow adalah senjata serang jarak jauh yang diluncurkan melalui udara. Rudal ini bisa membidik target yang ada di ketinggian maupun selevel dengan ketinggian rudal.

Bahkan, Storm Shadow bisa dioperasikan dalam kondisi ekstrem dengan mengandalkan kemampuan serangan yang fleksibel.

Adapun karakteristik rudal ini adalah memiliki berat 13 ribu kg, panjang 5,10 meter, dan daya jangkauan sekitar 250 km.

Jika dibandingkan dengan rudal ATACMS atau Army Tactical Missile System milik Amerika Serikat (AS), Storm Shadow memang memiliki jangkauan lebih pendek.

Diketahui, ATACMS unggul dengan daya jangkauan hingga 300 km. Meskipun begitu, kualitas Storm Shadow tidak lebih buruk dari ATACMS dan tetap bisa menjadi andalan untuk Ukraina.

Kekuatan dan efektivitas rudal Storm Shadow bahkan dapat dikatakan hampir setara dengan ATACMS.

Mengutip informasi yang ada di laman Newsweek, Storm Shadow akan sangat bermanfaat bagi Ukraina untuk membidik fasilitas penyimpanan amunisi, jalur pasokan, dan pusat komando Rusia di Ukraina.
(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0989 seconds (0.1#10.140)