Mengenal HMS Glasgow, Kapal Perang Canggih Terbaru Inggris yang Disabotase

Senin, 15 Mei 2023 - 18:01 WIB
loading...
Mengenal HMS Glasgow, Kapal Perang Canggih Terbaru Inggris yang Disabotase
Kapal perang Inggris HMS Glasgow. Foto/pa wire
A A A
LONDON - Kapal perang Inggris baru yang tengah dikembangkan, HMS Glasgow, dikabarkan telah disabotase. Penyelidikan awal menemukan puluhan kabel kapal yang sudah dipotong.

Menurut laporan UK Defense, dugaan dari sabotase pada kapal tersebut adalah terkait permasalahan pembayaran. Saat ini, pengembangnya tengah mengkaji perbaikan yang diperlukan menyusul tindakan tersebut.

Spesifikasi Kapal Perang Inggris HMS Glasgow


HMS Glasgow merupakan Fregat Tipe 26 generasi pertama yang tengah dikembangkan Inggris. Disebut sebagai fregat kelas City, HMS Glasgow dirancang sebagai kapal perang multi-misi yang mendukung berbagai operasi.

Mengutip laman Royal Navy, Senin (15/5/2023), HMS Glasgow saat ini tengah dibangun di samping River Clyde, Glasgow.

Pada perancangannya, nantinya dek penerbangan kapal ini dipersiapkan untuk bisa menampung helikopter hingga ukuran Chinook RAF.

Melihat riwayatnya, HMS Glasgow pertama kali menyentuh perairan pada Desember 2022 lalu. Saat itu, kapal perang seberat 6.000 ton ini dipindahkan dari galangan kapal Govon milik BAE System untuk melanjutkan konstruksinya.

Sebagai bagian dari Fregat Tipe 26, kapal ini nantinya direncanakan untuk menggantikan Fregat Tipe 23, kapal perang anti-kapal selam Royal Navy yang lebih dulu hadir.

Diusung sebagai kapal yang kompatibel dengan banyak misi, nantinya HMS Glasgow bisa digunakan berbagai macam operasi seperti bantuan bencana, bantuan kemanusiaan, operasi militer, dan lain sebagainya.

Beralih ke fitur yang dimilikinya, HMS Glasgow dilengkapi sonar array derek aktif dan pasif kelas dunia. Komponen tersebut memungkinkannya mendeteksi, mengklasifikasikan, hingga melacak kapal selam musuh.

Sementara pada segi performa, kapal perang Inggris ini diperkirakan mampu membawa hingga 161 personel. Sedangkan kecepatan dari HMS Glasgow ditaksir sekitar 26+ knot.

Dengan sejumlah pengembangan dan penyempurnaan lain yang tengah dilakukan untuk kapal ini, HMS Glasgow diklaim menjadi kapal tempur global berkemampuan tinggi yang fleksibel untuk banyak misi.

Patut ditunggu nantinya apakah nantinya kapal perang Inggris HMS Glasgow ini sesuai ekspektasi atau justru berbeda.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1023 seconds (0.1#10.140)