Zelensky Bertemu Paus Francis di Vatikan, Cari Dukungan untuk Rencana Perdamaian

Minggu, 14 Mei 2023 - 08:18 WIB
loading...
Zelensky Bertemu Paus Francis di Vatikan, Cari Dukungan untuk Rencana Perdamaian
Cari dukungan rencana perdamaian Ukraina, Presiden Volodymyr Zelensky bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan. Foto/AP
A A A
ROMA - Presiden Volodymyr Zelensky mengadakan pembicaraan pribadi dengan Paus Fransiskus di Vatikan, mencari dukungan untuk rencana perdamaian Ukraina . Di masa lalu, Paus Fransiskus menawarkan bantuan untuk membantu mengakhiri perang skala penuh yang diluncurkan Rusia setahun lalu.

Meletakkan tangan di atas jantungnya, Zelensky mengatakan itu adalah kehormatan besar untuk bertemu dengan Paus. Sementara Paus Francis, menggunakan tongkat karena masalah pada lututnya, datang menyambut presiden Ukraina itu sebelum mengantarnya ke studio kepausan di dekat aula audiensi Vatikan.

Dalam sebuah tweet setelah audiensi selama 40 menit, Zelensky mengucapkan terima kasih kepada Paus Francis atas perhatiannya secara pribadi pada tragedi jutaan orang Ukraina. Dia mengatakan dia berbicara dengan Paus tentang puluhan ribu anak Ukraina yang dideportasi.

"Kita harus melakukan segala upaya untuk mengembalikan mereka ke rumah,” katanya seperti dikutip dari Associated Press, Minggu (14/5/2023).

Zelensky juga mengatakan bahwa dia meminta paus untuk mengutuk kejahatan Rusia di Ukraina karena tidak ada persamaan antara korban dan penyerang.



“Saya juga berbicara tentang Formula Perdamaian kami sebagai satu-satunya algoritme yang efektif untuk mencapai perdamaian yang adil,” kata Zelensky.

Belakangan, dalam sebuah wawancara di TV pemerintah Italia, pemimpin Ukraina itu berkata bahwa paus mengetahui posisinya. Perang sedang terjadi di Ukraina, oleh karena itu harus menjadi rencana Ukraina untuk membawa perdamaian.

Rencana 10 poin Zelensky akan membentuk pengadilan khusus untuk mengadili kejahatan perang Rusia. Rencana itu juga akan menciptakan arsitektur keamanan Eropa-Atlantik dengan jaminan untuk Ukraina, memulihkan infrastruktur listrik Ukraina yang rusak, dan memastikan keamanan di sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa di Zaporizhzhia.

Sebaliknya, Vatikan mengatakan kedua pria itu berbicara tentang situasi kemanusiaan dan politik Ukraina yang dipicu oleh perang yang sedang berlangsung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1306 seconds (0.1#10.140)