Ukraina Dapat Tank M1 Abrams AS yang Sudah Dipreteli, Tidak Canggih Lagi

Selasa, 09 Mei 2023 - 14:01 WIB
loading...
Ukraina Dapat Tank M1 Abrams AS yang Sudah Dipreteli, Tidak Canggih Lagi
Tank M1A1 Abrams Angkatan Darat AS menembak selama latihan militer kelompok pertempuran Forward Presence yang ditingkatkan NATO Crystal Arrow 2021 di Adazi, Latvia, 26 Maret 2021. Foto/REUTERS/Ints Kalnins
A A A
WASHINGTON - Militer Amerika Serikat (AS) saat ini sedang memperbarui tank-tank M1 Abrams yang lebih tua untuk dikirim ke Ukraina.

Namun AS akan melucuti teknologi tingkat andalan tank tersebut, untuk mengecilkan kemungkinan penangkapan mereka oleh pasukan Rusia.

USA Today melaporkan hal itu pada Senin (8/5/2023). Presiden AS Joe Biden mengumumkan pada Januari bahwa Kiev akan mendapatkan tank tempur utama AS, yang dilaporkan sebagai "pelindung" bagi Jerman untuk mengalah dalam pengiriman tank Leopard.

Pentagon awalnya mengumumkan 31 M1A2 akan dikirim. Namun, rencana berubah pada Maret, karena militer AS memilih memperbarui model M1A1 yang lebih tua.

“Tank berteknologi rendah itu tidak akan memiliki teknologi sensitif yang dapat dieksploitasi oleh Rusia, seperti sistem penargetan canggih untuk meriam utama 120 mm,” ungkap dua pejabat yang tidak berwenang untuk berbicara di depan umum kepada USA Today.



Outlet itu juga mengutip pakar RAND Corporation, yang mengatakan Rusia dapat menguji setiap tank yang ditangkap untuk mengetahui kerentanannya.

Raksasa bertenaga turbin gas berbobot 70 ton ini dikembangkan pada tahun 1970-an dan pertama kali bertempur dalam Perang Teluk 1991.

Sejak itu, versi ekspor yang dipreteli telah disediakan ke Arab Saudi, Kuwait, Mesir, Maroko, Irak, dan Australia.

Pasukan Ukraina dijadwalkan memulai pelatihan untuk menangani tank empat orang "akhir bulan ini" di pangkalan AS di Jerman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1197 seconds (0.1#10.140)