10 Daftar Drone Perang Tercanggih, Bisa Luncurkan Misil hingga Kumpulkan Data Intelijen

Selasa, 09 Mei 2023 - 12:25 WIB
loading...
10 Daftar Drone Perang Tercanggih, Bisa Luncurkan Misil hingga Kumpulkan Data Intelijen
Drone atau pesawat nirawak milik Turki melaksanakan demonstrasi terbang di festival teknologi di Baku, Azerbaijan, pada 27 Mei 2022. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Drone atau pesawat nirawak menjadi teknologi militer terkini yang populer dalam berbagai perang di dunia, seperti di Ukraina hingga Yaman.

Drone memiliki berbagai kemampuan mulai dari meluncurkan serangan misil hingga pengumpulan data intelijen.

Pesawat nirawak juga mampu melakukan akuisisi target secara presisi. Saat ini, sudah lebih dari 100 negara memproduksi drone. Faktanya, hanya beberapa drone saja yang memiliki keunggulan dalam berbagai pertempuran.

Berikut 10 drone terbaik yang teruji di medan tempur.



1. MQ-9 Reaper

10 Daftar Drone Perang Tercanggih, Bisa Luncurkan Misil hingga Kumpulkan Data Intelijen

Foto/Reuters

MQ-9 Reaper merupakan pesawat nirawak yang memiliki reputasi sebagai drone pembunuh dengan kemampuan melancarkan serangan misil jarak jauh dan pemantauan dengan ketinggian. Jika dibandingkan dengan drone lainnya, MQ-9 Reaper lebih berat, lebih besar, dan lebih kuat. Tak mengejutkan jika itu menjadi salah satu drone paling berteknologi canggih saat ini.

Pada awal bulan lalu, MQ-9 Reaper dikabarkan bertabrakan dengan jet tempur Rusia di Laut Hitam. Itu menunjukkan drone tersebut digunakan dalam membantu pertempuran di Ukraina. Selain itu, MQ-9 Reaper juga menjadi drone yang melancarkan serangan ke Jenderal Qassem Soleimani dari Iran pada beberapa tahun lalu.

2.TAI Aksungur
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)