Zelensky: Pasukan Rusia Akan Kalah, Seperti Nazi di Perang Dunia II

Selasa, 09 Mei 2023 - 05:00 WIB
loading...
Zelensky: Pasukan Rusia Akan Kalah, Seperti Nazi di Perang Dunia II
Zelenksy: Pasukan Rusia Akan Kalah, Seperti Nazi di Perang Dunia II. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bersumpah pada Senin (8/5/2023), bahwa pasukan Rusia akan dikalahkan di Ukraina seperti kekalahan Nazi Jerman pada tahun 1945. Hal itu diungkapkannya dalam pidato memperingati akhir Perang Dunia II .

"Semua kejahatan lama yang dibawa kembali oleh Rusia modern akan dikalahkan sama seperti Nazisme dikalahkan," kata Zelensky dalam pernyataan video yang berdiri di depan tugu peringatan perang.



"Sama seperti kita menghancurkan kejahatan bersama, kita menghancurkan kejahatan serupa sekarang," tambah Zelensky, seperti dikutip dari AFP.

Zelensky berbicara pada peringatan penyerahan Nazi Jerman kepada pasukan sekutu pada 8 Mei 1945, yang diperingati sebagai Hari Kemenangan di Eropa.

Zelensky mengaku telah mengajukan RUU ke parlemen untuk secara resmi memperingati Perang Dunia II di Ukraina juga pada 8 Mei, yang selama bertahun-tahun diperingati pada 9 Mei, seperti di Rusia dan negara-negara bekas Soviet lainnya.



Ini adalah yang terbaru dari serangkaian langkah yang diambil Ukraina dalam beberapa tahun terakhir untuk menjauhkan diri dari Moskow, termasuk dengan mengganti nama jalan dan kota yang dinamai tokoh Soviet.

Zelensky mengatakan Ukraina juga menandai Hari Eropa terpisah pada 9 Mei, yang mempromosikan perdamaian dan persatuan di benua itu.

Uni Eropa menyambut baik langkah tersebut dan mengatakan bahwa ketua Komisi Eropa Ursula von der Leyen akan mengunjungi Kyiv untuk melakukan pembicaraan dengan Zelensky pada Selasa (9/5/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1908 seconds (0.1#10.140)