Rusia Luncurkan Gelombang Serangan ke Seluruh Wilayah Ukraina

Selasa, 09 Mei 2023 - 01:57 WIB
loading...
Rusia Luncurkan Gelombang Serangan ke Seluruh Wilayah Ukraina
Rusia Luncurkan Gelombang Serangan ke Seluruh Wilayah Ukraina. FOTO/TASS
A A A
KIEV - Rusia meluncurkan gelombang serangan besar-besaran ke Kiev dan seluruh wilayah Ukraina , Senin (8/5/2023) pagi waktu setempat. Gelombang serangan ini menebarkan kehancuran di sejumlah wilayah Ukraina.

Gelombang serangan itu dilancarkan saat Moskow bersiap untuk parade Hari Kemenangan pada Selasa (9/5/2023). Ini merupakan peringatan penting bagi Presiden Vladimir Putin yang telah membangkitkan semangat tentara Rusia, seperti ketika pasukan Uni Soviet mengalahkan pasukan Nazi Jerman pada Perang Dunia II.



Akibat gelombang serangan itu, setidaknya lima orang terluka di Kiev, kata pejabat Ukraina. Sementara hantaman rudal Rusia membakar gudang bahan makanan di kota Laut Hitam Odesa dan ledakan dilaporkan di beberapa wilayah Ukraina lainnya.

“Rusia mengintensifkan penembakan terhadap Bakhmut dengan harapan dapat merebutnya pada hari Selasa,” kata jenderal top Ukraina yang bertanggung jawab atas pertahanan kota yang terkepung, seperti dikutip dari Reuters.

Dilaporkan pula, 3 orang terluka dalam ledakan di distrik Solomyanskyi Kiev dan dua lainnya terluka ketika puing-puing pesawat tak berawak jatuh ke distrik Sviatoshyn. “Keduanya di barat pusat ibu kota,” kata Walikota Vitali Klitschko di saluran pesan Telegramnya.

Sementara administrasi militer Kiev mengatakan, bahwa puing-puing drone jatuh di landasan pacu bandara Zhuliany, salah satu dari dua bandara penumpang ibukota Ukraina. Insiden itu tidak menyebabkan kebakaran, tetapi layanan darurat bekerja di lokasi.



Dikatakan juga bahwa di distrik Shevchenkivskyi, pusat kota Kiev, puing-puing pesawat tak berawak tampaknya menghantam gedung dua lantai, menyebabkan kerusakan. Tidak ada informasi segera tentang potensi korban.

Saksi Reuters mengatakan mereka telah mendengar banyak ledakan di Kiev, dengan pejabat setempat mengatakan bahwa sistem pertahanan udara menangkis serangan tersebut. Belum jelas berapa banyak drone yang diluncurkan di Kiev.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2396 seconds (0.1#10.140)