Gilanya Kekayaan Pangeran Saudi: 8 Kalinya Raja Inggris, Miliki 3 Istana Mewah dan Megayacht Rp4,7 T

Kamis, 04 Mei 2023 - 14:31 WIB
loading...
Gilanya Kekayaan Pangeran Saudi: 8 Kalinya Raja Inggris, Miliki 3 Istana Mewah dan Megayacht Rp4,7 T
Pangeran Al-Waleed bin Talal, pangeran Arab Saudi dengan kekayaan yang menggila. Kekayaannya 8 kalinya kekayaan Raja Inggris Charles III. Foto/Luxury Launches
A A A
RIYADH - Pangeran Arab Saudi dengan kekayaan yang menggila ini bernama Al-Waleed bin Talal. Dia adalah cucu raja pertama Saudi, almarhum Raja Abdulaziz al-Saud, pendiri dan chairman Kingdom Holding Company, sebuah perusahaan konglomerat Saudi.

Kekayaan Pangeran Al-Waleed bernilai hampir USD18,7 miliar (lebih dari Rp274 triliun), yang menurut laman Luxury Launches, delapan kalinya kekayaan Raja Inggris Charles III.

Dia mungkin tidak menyeringai dengan mahkota kerajaan di kepalanya, tetapi taipan berusia 68 tahun ini benar-benar memiliki segalanya. Dari tinggal di istana mewah, bepergian dengan jet pribadi yang megah, dan memiliki segala sesuatu yang mewah, lulusan Menlo College di California ini kerap dijuluki sebagai Warren Buffett dari Arab.

Setelah menyelesaikan gelar master dalam ilmu sosial dari Maxwell School of Citizenship and Public Affairs di Syracuse University pada tahun 1985, Pangeran Al-Waleed kembali ke Arab Saudi di tengah ledakan harga minyak.


Awal Mula Pangeran Al-Waleed Kaya Raya


Meskipun keturunan bangsawan, dia memulai bisnis dengan kerja keras. Mulai beroperasi dari sebuah kabin kecil dengan empat kamar di Riyadh dengan uang awal USD30.000 yang diberikan oleh ayahnya, Pangeran Al-Waleed yang berusia 25 tahun saat itu membentuk Kingdom Establishment.

Dia pertama kali merasakan kesuksesan setelah berkolaborasi dengan perusahaan konstruksi Korea Selatan pada tahun 1982 untuk pekerjaan senilai USD8 juta untuk membangun kelab bujangan di akademi militer dekat Riyadh.

“Semua uang yang dulu saya peroleh dari konstruksi ini saya investasikan kembali ke real estate, dan di pasar saham, keduanya," katanya.

Di tahun-tahun selanjutnya, dia berfokus pada merek-merek mapan yang melewati masa-masa sulit, dan pada tahun 1989 kekayaan bersihnya mencapai USD1,4 miliar.

Gilanya Kekayaan Pangeran Saudi: 8 Kalinya Raja Inggris, Miliki 3 Istana Mewah dan Megayacht Rp4,7 T

Foto/Luxury Launches


Investasi yang Bikin Al-Waleed Pria Berharta Rp274 Triliun


Al Waleed selalu menyukai perusahaan dengan pertumbuhan tinggi dan berisiko tinggi, yang menjelaskan investasinya di Canary Wharf, Four Seasons Hotel Group, dan News Corporation pada awal 1990-an.

Semua orang tahu sahamnya di Citibank, Apple, TimeWarner, Motorola, 360buy, AOL, eBay, Euro Disney, dan merupakan pemilik Twitter terbesar kedua (Kingdom Holding menginvestasikan USD3,4 miliar dalam ekuitas global dan kuitansi penyimpanan sejak 2020).

Kurang diketahui bahwa Al-Waleed membeli 10 persen saham di Saks Fifth Avenue seharga USD100 juta dua dekade lalu, yang mengarah ke pembukaan toko utama di Riyadh.

Menurut ulasan Vanity Fair, Pangeran Al-Waleed sangat menyukai koleksi hotel mewah, dan itu cukup banyak. Selain George V, dia memiliki Savoy di London, dan Plaza di New York. Four Seasons Hotels and Resorts Company juga dimilikinya bersama oleh miliarder Bill Gates.

Al Waleed memegang sepuluh persen saham di Euro Disney S.C.A yang memiliki Disneyland Paris dan saham besar di Fairmont Raffles Holdings International, koleksi lain dari 130 properti di 27 negara.


Pangeran Al-Waleed Miliki 3 Istana Mewah


Cucu raja pertama Arab Saudi ini memiliki setidaknya tiga istana mewah.

Sepupu Putra Mahkota Mohammed bin Salman ini tinggal di istana dengan 435 kamar yang sangat mewah di pusat kota Riyadh. Bangunan berwarna pasir senilai USD130 juta tersebut secara tepat disebut Istana Kerajaan. Itu dihiasi dengan 1.500 ton marmer Italia dan 250 TV (yang masih menyisakan separuh ruangan tanpa televisi).

Empat dapur istana dengan staf terlatih dapat mengaduk makanan lezat untuk 2.000 orang dalam waktu satu jam dalam masakan Arab, Kontinental, dan Asia. Kediaman megah pendiri Kingdom Holding Co ini memamerkan kolam berbentuk laguna dan bioskop bawah tanah berkapasitas 45 kursi.

Istana kedua adalah Kingdom Resort, seluas 500.000 kaki persegi di pusat kota Riyadh. Sorotan dari properti mewah ini bukan hanya satu tapi tiga danau yang diselingi taman. Kingdom Oasis yang sedang dibangun mungkin lebih kecil dari pendahulunya tetapi akan sangat mengesankan, seluas 4.000.000 kaki persegi menampilkan danau seluas 17 hektare yang luas dan kebun binatang pribadi.

Selain istana, miliarder Arab ini merencanakan pembangunan perumahan di atas tanah seluas 4.000 hektare di pinggiran Riyadh—disebut sebagai istana ketiganya.

Pengembangan akan mencakup Kingdom Tower sang taipan, dengan anggaran USD10 miliar. Itu ditetapkan lebih tinggi dari empat Empire State Buildings yang ditumpuk satu sama lain dengan tinggi 3.281 kaki. Proyek yang kini sedang terhenti ini dikenal sebagai Jeddah Tower, akan menjadi yang tertinggi di dunia jika selesai.


Megayacht Senilai Lebih dari Rp4,7 Triliun


Gilanya Kekayaan Pangeran Saudi: 8 Kalinya Raja Inggris, Miliki 3 Istana Mewah dan Megayacht Rp4,7 T

Foto/Luxury Launches

Warren Buffet dari Arab ini memiliki kapal pesiar supermewah (megayacht) berukuran 282 kaki; Kingdom 5KR. Ini adalah Classic Yacht atau Kapal Pesiar Klasik mewah tahun 1980 yang dinamai menurut nama perusahaan investasinya; Kingdom Holdings, nomor keberuntungannya 5, dan inisial dua anaknya. Dibeli dari Donald Trump, kapal mewah senilai USD325 juta (lebih dari Rp4,7 triliun) ini menampung 22 tamu di 11 kabin, dilayani oleh 31 awak kapal.

Didesain oleh Luigi Sturchio, Kingdom 5KR memiliki dinding yang rimbun dilengkapi dengan panel kulit chamois dan maple berbentuk burung. Kamar mandinya tampak megah, dihiasi emas dan onyx.

Kapal yang indah ini menawarkan layanan salon, kantor, sauna, dan tiga lift untuk mengakses area yang berbeda. Kapal ini juga memiliki dek helikopter, bioskop, dan perpustakaan berisi 800 film.

Fasilitas tambahannya adalah rumah sakit yang lengkap dengan ruang operasi untuk memastikan kesehatan sang bangsawan tidak pernah terancam.

Bahkan jika kapal pesiar supermewah itu terdampar, Pangeran Al-Waleed dan krunya akan diberi makan dengan baik dan dirawat karena enam lemari es raksasa membawa persediaan makanan selama tiga bulan untuk 100 orang. Adakah yang lebih aman daripada ditemani seorang pangeran?

Pangeran Al-Waleed dilindungi "pagar betis" beranggotakan 26 orang. Ini bukan rombongan terbesar di dunia, tapi pasti menarik perhatian.

Rombongan itu tidak hanya pergi ke kapal pesiar, acara, dan liburan, tetapi juga untuk makan malam bersama. Daftar itu termasuk seorang dokter swasta, seorang asisten manajer istananya, seorang asisten pribadi, seorang asisten eksekutif, manajer urusan pribadi, dua asisten urusan pribadi, seorang manajer departemen protokol, seorang manajer perjalanan dan urusan luar negeri.

Daftar ini berlanjut dengan asisten manajer telekomunikasi, urusan pribadi untuk putri, ahli kecantikannya, pelatih atletik, dua detail keamanan, kepala asosiasi Departemen Audio-Visual, penata rambut pangeran, dan dua rekannya.


Pangeran Tajir Bepergian dengan Boeing 747


Gilanya Kekayaan Pangeran Saudi: 8 Kalinya Raja Inggris, Miliki 3 Istana Mewah dan Megayacht Rp4,7 T

Foto/YouTube @GAMA BHAI

Di antara banyak asetnya yang mencengangkan adalah satu "Istana Terbang", sebuah jet pribadi yang dibuat dengan sangat mewah sehingga akan membuat malu hotel bintang 5.

Bahkan, miliarder ini memiliki master suite dengan tempat tidur berukuran besar, kamar mandi pribadi, dan pancuran. Tapi berapa banyak yang bisa membanggakan ruang makan dan dapur berukuran penuh yang mampu menyajikan makanan gourmet 40.000 kaki di udara?

Boeing 747-nya memiliki area salat khusus dengan sistem elektronik yang selalu mengarah ke Kakbah di Makkah.

Dia memesan pesawat sepanjang 239 kaki itu seharga USD320 juta pada tahun 2007. Bayangkan betapa gilanya kekayaannya, di mana pesawat komersial terbesar; Airbus A380, menjadi jet pribadi.

Setelah kustomisasi, A380 menjadi produk senilai USD500 juta, dengan beberapa suite pribadi, aula konser, pemandian Turki, garasi untuk mobil mewah, musala dengan sajadad elektronik yang secara otomatis mengarah ke Makkah, dan meja makan yang dapat menampung kursi 14 orang.

Ada rencana untuk memasang lift untuk memindahkan tamu antara dua tingkat.


Pangeran Kaya dengan Hampir 300 Mobil


Gilanya Kekayaan Pangeran Saudi: 8 Kalinya Raja Inggris, Miliki 3 Istana Mewah dan Megayacht Rp4,7 T

Foto/YouTube via Luxury Launches

Pangeran Al Waleed bin Talal memiliki hampir 300 mobil dengan royal style sejati, termasuk Rolls-Royce biru untuk putrinya.

Dia juga memiliki Lamborghini Veneno Roadster yang langka, salah satu dari hanya sembilan unit yang pernah dibuat. Bugatti Veyron, Ferrari F12 Berlinetta, Pagani Zonda, Koenigsegg CCXR, Bentley Continental GT, dan McLaren P juga menjadi bagian dari armadanya yang luar biasa.

Banyak yang percaya Alwaleed bin Talal al-Saud adalah anggota keluarga terkaya karena kekayaan bersih Putra Mahkota Mohammed bin Salman yang kaya belum diungkapkan.

Kecintaan Pangeran Al-Waleed terhadap hewan ditampilkan di "pertanian dan resor" seluas 120 hektare yang megah di pinggiran kota.

Bentangannya yang luas menawarkan miniatur Grand Canyon, kebun binatang mini yang menawan, kandang kuda yang mewah, dan bukan hanya satu, tapi lima danau buatan yang memesona, semuanya dengan latar belakang oasis zamrud yang tampaknya tak berujung.

Prince Alwaleed’s Riyadh Palace atau Istana Riyadh Pangeran Alwaleed menyimpan permata yang luar biasa, dan itu mengesankan.

Seorang jurnalis Forbes berbagi anekdot dari kunjungannya ke istana sang pangeran, di mana lantainya dilapisi dengan 50 kotak kayu, masing-masing berisi satu set perhiasan mewah yang cocok untuk seorang raja.

Yang paling mencengangkan adalah Haute joaillerie senilai USD40 juta yang menampilkan berlian besar dan zamrud dengan tiga zamrud seukuran telur yang menjuntai di tengahnya, dengan anting dan cincin yang serasi.

Aset berharga berjumlah 200 karat. “Ini adalah investasi. Saya membayar USD50 juta untuk perhiasan senilai USD150 juta,” katanya.

Koleksi perhiasan Al-Waleed bernilai lebih dari USD700 juta.

Sebagai catatan, Forbes menulis kekayaan Pangeran Al-Waleed bernilai USD18,7 miliar (lebih dari Rp274 triliun). Menurut Guardian, kekayaan Raja Charles USD2,3 miliar. Itu artinya, kekayaan Pangeran Al-Waleed delapan kalinya kekayaan raja Inggris.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0802 seconds (0.1#10.140)