Awak Rudal Balistik Belarusia Selesaikan Misi Pelatihan di Rusia

Minggu, 23 April 2023 - 23:00 WIB
loading...
Awak Rudal Balistik Belarusia Selesaikan Misi Pelatihan di Rusia
Awak Rudal Balistik Belarusia Selesaikan Misi Pelatihan di Rusia. FOTO/TASS
A A A
MOSKOW - Awak sistem rudal balistik taktis (TBM) Iskander-M dari pasukan rudal Angkatan Bersenjata Belarusia telah menyelesaikan pelatihan mereka di Rusia. Hal itu diungkapkan Kementerian Pertahanan Belarusia, Sabtu (22/4/2023).

"Para kru sistem rudal balistik operasional-taktis Iskander-M dari pasukan rudal Angkatan Bersenjata Belarusia telah menyelesaikan pelatihan praktis di Federasi Rusia," kata pernyataan itu, seperti dikutip dari kantor berita TASS.



"Hari ini, prajurit Belarusia mendarat di lapangan terbang Machulishchy," lanjut pernyataan tersebut. Prajurit tersebut dikatakan telah menyelesaikan kursus pelatihan lengkap di lapangan tembak di Rusia.

Sebelumnya dilaporkan bahwa pelatihan tersebut melatih keterampilan praktis mereka dalam menyiapkan sistem rudal, mengaktifkannya, dan melakukan peluncuran pelatihan tempur. Selain itu, para kru seharusnya mempelajari cara memelihara dan menggunakan hulu ledak nuklir taktis dari sistem rudal Iskander-M.



Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa atas permintaan pihak Belarusia, Rusia akan menempatkan senjata nuklir taktisnya di negara itu, persis seperti yang telah lama dilakukan Amerika Serikat dengan hulu ledak nuklirnya sendiri di wilayah sekutunya.

Menurut Putin, Moskow telah mentransfer sistem Iskander berkemampuan nuklir ke Minsk dan membantu mitra Belarusia untuk memperlengkapi kembali pesawat mereka.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1089 seconds (0.1#10.140)