Idulfitri Tak Hentikan Pertempuran di Sudan, Warga Sipil Ketakutan

Sabtu, 22 April 2023 - 10:30 WIB
loading...
Idulfitri Tak Hentikan Pertempuran di Sudan, Warga Sipil Ketakutan
Idulfitri Tak Hentikan Pertempuran di Sudan, Warga Sipil Ketakutan. FOTO/Reuters
A A A
KHARTUM - Pertempuran sengit berlanjut di ibu kota Sudan , bahkan setelah tentara Sudan mengumumkan gencatan senjata , Jumat (21/4/2023). Ini merupakan pukulan bagi upaya internasional untuk mengakhiri hampir satu minggu pertempuran antara militer dan kelompok paramiliter saingan.

Militer Sudan mengatakan pada Jumat malam, pihaknya menyetujui gencatan senjata tiga hari untuk memungkinkan orang merayakan hari raya Idulfitri. Di sisi lain, Pasukan Pendukung Cepat (RSF), mengatakan pada hari sebelumnya telah menyetujui gencatan senjata 72 jam, juga untuk menandai Idulfitri.



"Angkatan bersenjata berharap para pemberontak akan mematuhi semua persyaratan gencatan senjata dan menghentikan setiap gerakan militer yang akan menghalanginya," kata pernyataan militer Sudan, seperti dikutip dari Al Jazeera.

Pengumuman militer Sudan itu menyusul hari permusuhan lainnya di Khartoum dan pengerahan pertama tentara dengan berjalan kaki di ibu kota sejak pertempuran dimulai Sabtu lalu.

Tentara dan orang-orang bersenjata dari RSF saling menembak di lingkungan di seluruh kota, termasuk selama adzan subuh khusus Idul Fitri.

Hiba Morgan dari Al Jazeera, melaporkan dari Khartoum, mengatakan penduduk di sekitar ibu kota melaporkan serangan artileri terus menerus. “Warga mengatakan ada pertempuran sengit dan konfrontasi langsung antara tentara dan RSF di bagian selatan ibu kota,” katanya.



Morgan mengatakan, meskipun ada upaya gencatan senjata kelima, penduduk di berbagai bagian negara itu mengatakan bentrokan terus berlanjut dan mereka yakin gencatan senjata tidak akan bertahan.

Tembakan berderak tanpa jeda sepanjang hari, diselingi oleh dentuman artileri dan serangan udara. Rekaman drone menunjukkan kepulan asap di Khartoum dan kota kembar Omdurman dan Bahri di Nil – bersama-sama salah satu daerah perkotaan terbesar di Afrika.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2207 seconds (0.1#10.140)