Bahan Bakar Roket SpaceX Ciptakan Spiral Biru Menakjubkan di Cahaya Utara Alaska

Rabu, 19 April 2023 - 08:46 WIB
loading...
Bahan Bakar Roket SpaceX Ciptakan Spiral Biru Menakjubkan di Cahaya Utara Alaska
Satu spiral mirip galaksi biru muda muncul di tengah aurora borealis di langit Alaska pada Sabtu pagi (15/4/2023). Foto/twitter
A A A
ALASKA - Satu spiral mirip galaksi biru muda muncul di tengah aurora borealis di langit Alaska pada Sabtu pagi (15/4/2023), menarik perhatian para penggemar cahaya utara.

Spiral seperti itu terjadi ketika bahan bakar yang dibuang di ketinggian berubah menjadi es di bawah sinar matahari.



Penggemar cahaya utara di Alaska disuguhi pemandangan langka dan tak terduga di langit selama akhir pekan ketika spiral biru muda yang menyerupai galaksi muncul di tengah aurora borealis selama beberapa menit.

Fenomena yang tidak biasa itu disebabkan oleh kelebihan bahan bakar yang dikeluarkan roket SpaceX yang diluncurkan dari California sekitar tiga jam sebelum kemunculannya.

Penampakan pusaran tersebut terekam dalam time-lapse di kamera langit Institut Geofisika dan dibagikan secara luas di media sosial.

Meskipun kejadian seperti itu tidak umum, fisikawan luar angkasa Don Hampton telah melihatnya terjadi sekitar tiga kali.

Menurut Hampton, kadang-kadang roket memiliki bahan bakar yang perlu dibuang, dan ketika bahan bakar itu dilepaskan di tempat yang tinggi, bahan bakar itu berubah menjadi es.

Jika es kebetulan berada di bawah sinar matahari, pengamat di tanah dapat melihatnya sebagai semacam awan besar, dan kadang-kadang berputar-putar.

Inilah yang terjadi dengan bahan bakar roket SpaceX yang menciptakan spiral biru muda di atas Alaska.

Peluncuran kutub roket SpaceX, yang lepas landas dari pangkalan angkatan angkasa Vandenberg di California pada Jumat malam dengan sekitar 25 satelit di dalamnya, membuatnya terlihat di sebagian besar Alaska.

Fotografer yang mengamati pertunjukan cahaya utara juga memposting foto spiral di media sosial, menciptakan "badai internet", menurut Hampton.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0881 seconds (0.1#10.140)