Korsel-AS-Jepang Gelar Latihan Pertahanan Rudal untuk Lawan Korut

Selasa, 18 April 2023 - 06:00 WIB
loading...
Korsel-AS-Jepang Gelar Latihan Pertahanan Rudal untuk Lawan Korut
Korsel-AS-Jepang Gelar Latihan Pertahanan Rudal untuk Lawan Korut. FOTO/Reuters
A A A
SEOUL - Korea Selatan (Korsel), Amerika Serikat (AS), dan Jepang menggelar latihan pertahanan rudal Angkatan Laut bersama pada Senin (17/4/2023) saat mereka mendorong kerja sama keamanan yang lebih besar untuk melawan ancaman rudal Korea Utara yang terus berkembang.

Pengumuman itu muncul beberapa hari setelah ketiga negara sepakat pada pembicaraan trilateral mereka di Washington untuk melakukan latihan pertahanan rudal dan anti-kapal selam secara teratur sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kerja sama diplomatik dan militer.



Seperti dilaporkan Reuters, latihan akan diadakan di perairan internasional antara Korea dan Jepang, menyatukan kapal perusak Aegis Korea Selatan seberat 7.600 ton Yulgok Yi I, kapal perusak berpeluru kendali AS USS Benfold, dan kapal perusak Atago Jepang, yang juga dilengkapi dengan sistem radar Aegis.

“Ketiga negara akan fokus pada penguasaan prosedur respons dari deteksi hingga pelacakan hingga berbagi informasi dengan menciptakan target virtual di bawah skenario provokasi rudal balistik Korea Utara,” kata Angkatan Laut Korsel.

“Ini adalah kesempatan untuk memperkuat kerja sama keamanan trilateral melawan ancaman nuklir dan rudal Korea Utara yang meningkat, dan memperkuat kemampuan dan postur angkatan laut kami untuk menanggapi rudal balistik,” kata Kapten Kim Ki-young dari kapal perusak Korsel dalam sebuah pernyataan.



Ketegangan meningkat dalam beberapa pekan terakhir ketika Korut menggenjot aktivitas militer, menguji rudal balistik antarbenua berbahan bakar padat baru pada Jumat yang menurut para ahli akan memfasilitasi peluncuran rudal dengan sedikit peringatan.

Pyongyang mengancam tindakan "lebih praktis dan ofensif" karena pasukan Korsel dan AS telah melakukan latihan musim semi tahunan mereka sejak Maret, beberapa di antaranya melibatkan Jepang, menyebut mereka latihan untuk perang nuklir.

Angkatan udara Korea Selatan dan AS secara terpisah diatur untuk memulai latihan mereka pada hari Senin selama 12 hari.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1422 seconds (0.1#10.140)